Pembangunan Mandalika Resort Dikebut

Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Bupati H Moh Suhaili FT dan Direktur Utama PT ITDC Lombok NTB Abdul Bar M Mansur,(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

Penandatanganan nota kesepahaman yang dilakukan Bupati H Moh Suhaili FT dan Direktur Utama PT ITDC Lombok NTB Abdul Bar M Mansur,(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Indonesian Tourism Development Corporation (ITDC) terus mengebut pembangunan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort. Ini dibuktikan dengan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Tengah (Loteng) dengan dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ITDC.

Penandatanganan yang dilakukan Bupati H Moh Suhaili FT dan Direktur Utama PT ITDC Lombok NTB Abdul Bar M Mansur itu untuk pembangunan Masjid Mandalika Resort dan sosialisasi pembangunan KEK.

Menurut Abdul Bar M Mansur, KEK Mandalika Resort yang telah ditetapkan presiden merupakan aset nasional itu diharapkan bisa memberikan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

“Kawasan seluas 1.035 hektare ini sudah mulai kita garap. Masterplan pembangunan kawasan itu sudah ada,” ungkapnya di Ruang Rapat Utama Kantor Bupati Loteng, Rabu (9/6) malam.

Di dalam kawasan Mandalika Resort akan dibangun Masjid Agung Mandalika yang bisa menampung sedikitnya 1.500 orang. Peletakan batu pertamanya akan dimulai pada bulan Juli 2016 bersamaan dengan pembukaan MTQ Tingkat Nasional di NTB.

“Insya Allah Pak Presiden Jokowi akan menghadiri peletakan batu pertamanya,” ujarnya.

Selain itu juga, ITDC akan mulai membangun Hotel Pullman pada bulan Oktober. Dengan anggaran Rp400 miliar hotel itu akan memiliki kamar sebanyak 250 dan membutuhkan tenaga kerja sebanyak 450 orang.
Setelah itu, di awal tahun 2017 ITDC juga akan membangun Hotel Club Med dengan jumlah anggaran Rp757 miliar.

“Ada juga, investor dari Korea yang akan membangun Hotel Royal Tulip di kawasan itu. Dan satu investor dari Amerika Serikat masih dalam penjajakan,” ungkap Abdul Bar M Mansur.

Bupati Loteng H Moh Suhaili FT mengatakan, ITDC mulai membangun. Dia berharap kepada semua pihak untuk bersama-sama mendukung pembangunan di kawasan Mandalika Resort.

“Yang terpenting sekarang mari kita bersama-sama menyiapkan diri,” ujarnya.

Dia menjelaskan, selama ini Pemkab Lombok Tengah terus memperkenalkan keberadaan kawasan Mandalika Resort. Misalnya, dalam kegiatan Core Event Bau Nyale maupun kegiatan lainnya. Kata dia, pembangunan Mandalika Resort ini sangat diharapkan dan sangat dinantikan oleh semua masyarakat.

Penandatanganan MoU juga dihadiri Wakil Bupati Loteng Lalu Pathul Bahri, Ketua DPRD Loteng H Ahmad Fuadi, Sekda Loteng H Lalu Supardan, para asisten, Kepala SKPD Loteng, dan camat.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply