Remitansi TKI Lotim Capai Rp1,2 T

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transamigrasi Kabupaten Lombok Timur, H Aminullah. (Foto: DIM/Lomboktoday.co.id)

Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transamigrasi Kabupaten Lombok Timur, H Aminullah. (Foto: DIM/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dari data yang diperoleh di beberapa perbankan yang ada, jumlah remitansi yang didapatkan oleh Kabupaten Lombok Timur dari para devisa negara (TKI/TKW) tahun 2016 ini mencapai sebesar Rp1,2 triliun.

‘’Estimasi kami bahwa remitansi yang diperoleh Lotim dari para TKI/TKW mencapai Rp1,2 triliun,’’ kata Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transamigrasi Kabupaten Lombok Timur, H Aminullah kepada wartawan di kantornya, Kamis (9/6).

Menurut Aminullah, remitansi para TKI/TKW yang dikeluarkkan oleh beberapa perbankan yakni dari BRI mencapai Rp515 miliar, PT Pos Rp325 miliar, BNI Rp110 miliar, dan belum lagi dari perbankan lainnya.

‘’Jumlah tenaga kerja asal Lombok Timur yang resmi bekerja di luar negeri mencapai 25 ribu orang lebih. Belum lagi para tenaga kerja yang berangkat tanpa prosedural yang jumlahnya diperkirakan melebihi dari jumlah yang berangkat secara resmi,’’ ungkapnya.

Aminullah menjelaskan, selama ini pihaknya kerap mendapatkan laporan terkait kecelakaan yang dialami oleh para tenaga kerja, dan mereka didominasi oleh tenaga kerja non procedural. ‘’Keberangkatan mereka ini dengan melakukan pemalsuan identitas, sehingga kami selalu merasa kesulitan untuk menanganinya,’’ jelasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply