Kepala Rutan Praya Siapkan THR Lebaran Bagi Narapidana

Tadrusan bersama para warga binaan dengan menghadirkan para Haflah Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (9/6) malam.(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

Tadrusan bersama para warga binaan dengan menghadirkan para Haflah Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (9/6) malam.(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Tidak hanya PNS atau pegawai swasta, Tunjangan Hari Raya (THR) juga akan diberikan kepada para narapidana penghuni Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II Praya Kabupaten Lombok Tengah. Cuma bentuknya beda.

Itulah ungkapan Kepala Rutan Praya Lalu Jumaidi yang akan menyiapkan THR bagi narapidana berupa remisi pada hari raya Idul Fitri 2016 ini.

Pemberian THR remisi itu dilakukan berdasarkan penilaian sikap mental religi dari narapidana dalam menjalankan ibadah selama bulan suci Ramadhan.

Rutan Praya menggelar sholat tarawih dan tadrusan bersama para warga binaan dengan menghadirkan para Haflah Kabupaten Lombok Tengah, Kamis (9/6) malam.

“Kehadiran para haflah sebagai bentuk upaya mengubah sikap mental dari warga binaan. Dengan memperbanyak ajaran religi selama bulan puasa ini. Kita akan berikan THR berupa remisi 1-3 bulan bagi warga binaan di hari raya nanti. Pemberian remisi itu berdasarkan penilaian sikap religi,” ungkap Lalu Jumaidi usai acara pengajian.

Dia menjelaskan, pengajian bersama para haflah ini merupakan yang pertama di Rutan Praya. Selain itu, kegiatan ini untuk mendukung program setiap malam mengaji dari Gubernur NTB. Pihaknya sedang fokus melakukan perubahan sikap mental dari warga binaan. Sehingga ajaran religi kepada warga binaan diperbanyak.

Di setiap ruangan, harus ada warga binaan yang bisa mengaji. Karena mereka juga harus mengajarkan temannya yang belum bisa mengaji. Sehingga di setiap ruangan itu ada Alquran.

Pantauan wartawan, para warga binaan begitu antusias, khusuk mengikuti dan mendengarkan lantunan ayat suci Alquran yang dibacakan oleh para Haflah Lombok Tengah yang terbaik dan pernah menjadi juara MTQ di tingkat nasional maupun internasional.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply