Masyarakat Lotim Keluhkan Kosongnya Blanko E-KTP

LAYANAN: Situasi pelayanan pembuatan administrasi Kependudukan di Dinas Dukcapil Lotim. (Foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LAYANAN: Situasi pelayanan pembuatan administrasi Kependudukan di Dinas Dukcapil Lotim. (Foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Masyarakat Lombok Timur mengeluhkan kosongnya blanko E-Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lotim.

Tapi ironisnya, justeru pelayanan pembuatan E-KTP tersebut tetap berlangsung. Sehingga hal ini tentu menimbulkan tanda tanya besar di kalangan masyarakat Lotim yang sedang mengurus pembuatan E-KTP.

Sehingga masyarakat mensinyalir ada permainan yang dilakukan oleh oknum pegawai Dinas Dukcapil Lotim dalam pembuatan E-KTP tersebut.

‘’Masak blanko E-KTP itu sudah habis. Tapi kalau melalui calo, masih bisa dikeluarkan E-KTP itu, sehingga ini menjadi pertanyaan kita semua,’’ kata Ketua Forum Kepala Dusun se-Lotim, Hulyadi kepada Lomboktoday.co.id di Kantor Dinas Dukcapil Lotim, Sabtu (11/6).

Jika memang blanko E-KTP tersebut sudah habis, menurut Hulyadi, mestinya Dinas Dukcapil Lotim melakukan sosialisasi kepada masyarakat, sehingga bisa memahami kondisi yang ada. Apalagi masyarakat yang mengurus KTP itu, mereka berasal dari jauh, seperti Kecamatan Sambelia, Sembalun maupun Jerowaru.

‘’Betapa kecewanya masyarakat kita ketika hendak mengurus E-KTP, karena begitu sampai di kantor Dinas Dukcapil mereka diberi tahu petugas kalau blanko E-KTP itu sudah habis. Bagaimana pelayanan akan baik kalau masih saja ada oknum calo yang bermain,’’ ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Koordinator Kecamatan Honda K2 Lotim, LM Amin. Ia menegaskan, gara-gara blanko E-KTP kosong, menyebabkan pihaknya terhambat dalam pengurusan berkas K2.

‘’Teman saya bilang kalau mau memperoleh KTP, silakan coba melalui jalan belakang. Meskipun disampaikan bahwa blanko E-KTP lagi kosong, pasti akan dapat. Itu sebabny saya datang ke kantor ini untuk mencobanya,’’ katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Dukcapil Lotim, Andika Wijaya saat dikonfirmasi membantah bila blanko E-KTP lagi kosong. Tapi yang terjadi adalah blanko sedang limit. Hanya saja, yang berhak untuk menjelaskan ini semua adalah kadis Dukcapil.

‘’Silakan saja ke pak kadis biar jelas, apalagi beliau baru pulang dari Jakarta untuk mengurus masalah blanko E-KTP,’’ kata Andika singkat.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply