Gerung Selatan Bangun Depo Pengolahan Sampah

Nurisah, Sekretaris Lurah Gerung Selatan.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

Nurisah, Sekretaris Lurah Gerung Selatan.(foto: hrw/Lomboktoday.co.id)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Di tahun anggaran bantuan dana APBN 2016 ini, Pemerintah Kelurahan Gerung Selatan, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) merencanakan membangun gudang pengolahan sampah. Pasalnya, Kelurahan Gerung Selatan dikenal sebagai pusat produksi sampah terbesar di Gerung. Sebelumnya Gerung Selatan bersama Desa Babussalam dan Desa Labuapi berkompetisi dalam hal penanganan sampah yang memberi nilai lebih bagi masyarakatnya. Dari hasil penilaian yang dilakukan Satker provinsi, Kelurahan Gerung Selatan masuk dalam nominasi terbaik dalam hal penanganan sampah.

Sekretaris Lurah Gerung Selatan, Nurisah ditemui usai Safari Ramadhan Patut Patuh Patju Lombok Barat di Masjid Baital Aziz, Dusun Gunung Malang, Desa Taman Ayu, Kecamatan Gerung, Senin malam (13/6) menjelaskan, atas komitmen Kelurahan Gerung dalam hal penanganan sampah ini, Pemkab Lombok Barat menyiapkan tanah untuk gudang pengolahan sampah ini seluas 6 are yang berlokaasi di wilayah Tanjung Gunung.

“Dan ini ke depan kita akan berdayakan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM). Ini menjadi nilai plus Kelurahan Gerung Selatan karena KSM-nya sudah terbentuk. Dengan demikian ke depan kita akan mengolah sampah ini menjadi sampah yang berhasil dan berdaya guna yang muaranya bagi peningkatan ekonomi masyarakat dalam bentuk pengolahan sampah organik dan anorganik,” ungkap Seklur Gerung Selatan.

Menurut Nurisah, pihaknya juga akan dijanjikan untuk mendapatkan bantuan mesin pengolahan sampah dari Pemerintah Provinsi NTB yang ke depannya akan dilakukan secara swadaya oleh KSM yang sudah terbentuk di Kelurahan Gerung Selatan.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply