Puasa Bentuk Kepribadian Manusia

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Peringatan Nuzulul Quran lingkup PDAM Giri Menang berlangsung Rabu malam (15/6) di Golden Tulip Hotel Mataram. Tausyiah Ramadhan disampaikan TGH Dr Zaini Abdat, salah seorang dosen pengajar Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Mataram.

Menurut Zaini Abdat, sesungguhnya kepribadian banyak diajarkan pada bulan puasa. Jika kepribadian manusia itu baik, maka Insya Alloh segala aktivitas kegiatan itu juga akan menjadi lebih baik. Tapi, ketika kepribadian seseorang itu sudah tak berimbang, maka akan sangat sulit menentukan mana yang baik dan mana yang buruk.

Ditambahkan, inilah salah satu pelajaran dalam bulan suci Ramadhan. ‘’Puasa melatih kepribadian kita menjadi atau mengarah ke hal-hal yang baik dan kemudian mencegah pada hal-hal yang kurang baik. Karena itu, dalam bulan Ramadhan ini kita dianjurkan untuk banyak bersedekah, perbanyak baca Alquran, menegakkan ibadah-ibadah yang sunnah dan mencegah hal-hal yang mungkar,’’ ungkapnya.

Zaini Abdat mengajak karyawan PDAM untuk tetap berdoa dan berharap agar menjadi orang-orang yang bersyukur, terlebih pada bulan Ramadhan dengan menggunakan rezeki yang diberikan Allah untuk ketaatan pada Allah SWT.

Dan bisa digunakan bagi kemaslahatan umat. Kesehatan usia dimanfaatkan untuk beribadah kepada Allah. ‘’Kalau kita tak pandai bersyukur seperti rezeki berupa limpahan air yang diberikan Allah kepada kita, maka tinggal menunggu azab dari Allah SWT,’’ ujarnya.

Zaini Abdat juga meminta agar masyarakat bisa memanfaatkan air dengan sehemat mungkin, serta tidak menggunakannya secara berlebihan dan sia-sia. Karena prilaku seperti itu bagian dari sifat manusia yang tak pandai mensyukuri nikmat Allah. ‘’Untuk itu, di bulan yang penuh berkah ini kami mengajak kita semua untuk pandai bersyukur atas karunia yang diberikan Allah kepada kita semua,’’ ajak Zaini Abdat.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply