Puasa Ramadhan Dihiasi dengan MTQ Korpri III NTB

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Patut disyukuri, karena pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korpri III tingkat Provinsi NTB pada bulan Puasa Ramadhan 1437 Hijriyah ini menunjukkan bahwa masyarakat di daerah ini telah mampu mengisi bulan suci dengan hal-hal yang baik. Yang tidak hanya hal-hal rutin semata, melainkan Puasa Ramadhan juga harus diisi dengan hal-hal yang luar biasa, hal-hal yang bisa membawa perubahan bagi bangsa dan negara.

Demikian disampaikan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi saat membuka acara pembukaan MTQ Korpri III Tingkat Provinsi NTB tahun 2016 di Gedung Graha Bhakti Praja, komplek kantor gubernur NTB, Jumat (17/6).

Di hadapan anggota FKPD Provinsi NTB, Sekretaris Daerah NTB, H Rosiadi Sayuti, serta Kepala SKPD lingkup Pemprov NTB yang hadir, orang nomor satu di NTB itu menjelaskan, dalam konteks Islam, Ramadhan adalah saat dimana terjadi pencapaian luar biasa di masa lalu. Pertempuran yang paling besar misalnya, seperti Perang Badar pada zaman Rasulullah SAW berlangsung tanggal 17 Ramadhan. Ada juga peristiwa Proklamasi Kemerdekaan RI yang berlangsung tanggal 9 Ramadhan.

Artinya tokoh besar bangsa ini saat membaca naskah proklamasi sedang menjalankan ibadah puasa. Dari ilustrasi itu, Gubernur NTB mengajak semua yang hadir untuk menunjukkan komitmen bahwa puasa bukanlah penghalang bagi masyarakat untuk melakukan perjuangan yang terbaik, melainkan kesempatan yang tepat untuk mencapai hal-hal besar dalam hidup. Apalagi segala amalan yang dilakukan pada bulan mulia ini, dijanjikan pahala yang berlipat ganda oleh Allah SWT.

Sesuai tema yang diangkat ‘Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran Korpri Menuju Birokrasi yang Bersih, Berwibawa dan Mermartabat Sesuai Tuntunan Alquran dalam Kehidupan Berbangsa dan Bernegara’, MTQ kali ini juga diharapkan menjadi bagian dari proses untuk mempelajari dan mencintai Alquran.

Karena, mempelajari Alquran tidak hanya membaca dan memahami maknanya saja, tapi yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat mampu mengamalkan yang terkandung di dalamnya. ‘’Jika kita ingin visi NTB mewujudkan masyarakat NTB yang beriman bisa terwujud, maka kaum muslimnya harus siap dan mau untuk menjadikan Alquran sebagai pengikat peradaban, agar apa yang sudah kita bangun selalu kokoh dan terjaga,’’ tegas Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

Sementara itu, Sekretaris Korpri Provinsi NTB, H Suhaimi dalam laporannya di hadapan gubernur NTB menyampaikan, peserta MTQ kali ini berjumlah 70 orang, terdiri dari 43 putra dan 26 putri. Dimana, sebanyak 50 orang utusan dari Korpri kabupaten/kota, 17 orang perwakilan SKPD Provinsi NTB, 3 orang dari unit Kopri vertical.

Pemenang MTQ ini nantinya akan mewakili NTB pada MTQ Korpri III tingkat nasional di Samarinda pada Oktober 2016 mendatang.(ar/ltd)

1 Komentar

  1. Her Nawardi17/06/2016 at 07:23Reply

    MTQ Korpri di bulan Ramadhan merupakan medium syarat makna dan sebagai laboratorium pembentukan keperibadian personal yang hakiki.

Leave a Reply