LSP2M NTB Gelar Diskusi Publik

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Lembaga Study Pengembangan dan Pengkajian Masyarakat (LSP2M) Nusa Tenggara Barat akan menggelar diskusi publik di Aula Loka Latihan Kerja (LLK) Selong, Senin (20/6) lusa.

Diskusi yang rencananya akan dibuka oleh Bupati Lotim, HM Ali Bin Dachlan itu mengambil tema ‘Refleksi Ramadhan Mempererat Ukhuwah Islamiyah dalam Kemajemukan sebagai Upaya untuk Meredusir Konflik Bernuansa SARA di Lotim’.

Adapun sebagai pemateri dari pihak Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lotim, Kantor Kementerian Agama Lotim, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Lotim dan politisi. Sedangkan pesertanya berasal dari organisasi Islam dan kemasyarakatan, mahasiswa dan masyarakat umum.

Direktur LSP2M NTB, Widianto didampingi Ketua Panitia Penyelenggara, Dimyati mengatakan, kegiatan diskusi publik yang akan dilaksanakan ini, untuk mencari akar permasalahan terhadap berbagai persoalan yang akan menyebabkan terjadinya gejolak konflik di Lotim.

Kemudian dicarikan solusi dan langkah-langkah yang tepat dalam melakukan pencegahan, karena semua elemen masyarakat di daerah ini sepakat tidak ingin terjadi berbagai persoalan yang justeru nanti akan merugikan masyarakat itu sendiri. Dengan cara menciptakan Lotim yang damai dan aman dari berbagai masalah.

‘’Dengan adanya konflik ini, bukan malah menguntungkan masyarakat, justeru sebaliknya. Ini yang sama-sama harus kita cegah,’’ kata Widianto.

Sehingga melalui kegiatan ini, setidaknya dijadikan moment penting untuk menyatukan pendapat semua pihak, dengan menginventalisir terhadap berbagai persoalan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Lotim. Untuk kemudian dicari penyelesaian masalah dengan baik, agar tidak ada yang dirugikan.

‘’Kabupaten Lotim penuh dengan kemajemukan yang dinilai rawan terjadinya konflik hanya dengan masalah sepele saja. Jadi, ini tugas kita bersama untuk menjaga agar tidak timbul konflik di tengah-tengah masyarakat,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply