Wayang Kulit Darwilis Rambah Eropa

Darwilis.(foto: istimewa)

Darwilis.(foto: istimewa)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Tokoh muda yang satu ini konsen dalam pelestarian seni dan budaya. Darwilis namanya. Dia warga Kebon Ayu, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kiat-kiat yang dilakukannya dalam membangun seni dan budaya dengan memberikan bimbingan belajar terhadap proses pembuatan wayang kulit sasak sekaligus mementaskannya.

Ditemui Lomboktoday.co.id belum lama ini di rumahnya Kebon Ayu, Gerung, Darwilis membenarkan jika dirinya juga mengajarkan bagaimana menjadi seorang dalang, pembayun, pembaca hikahyat/lontar sasak. Hasil karyanya berupa wayang kulit dipajang di Museum NTB. Selain itu dipasarkan pula di art shop yang ada di kawasan Senggigi dan hasil karyanya juga digunakan oleh para pedalang se Pulau Lombok, termasuk di antaranya dalang kesohor Lombok, Lalu Nasib AR.

Hasil karyanya juga banyak diminati oleh wisatawan-wisatawan asing dan mengekspor langsung wayang kulitnya ke Jerman, Inggris, Prancis, dan Australia. Pada tahun 2010 hasil karyanya diabadikan dalam sebuah buku oleh warga negara Jerman yang berjudul “Die Herstellung Von Wayang Kulit Auf Lombok”. Dan buku ini sendiri beredar di negara Jerman.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply