Eksistensi Ponpes di Era Globalisasi

Pengukuhan Pengurus FKSPP Lobar oleh Bupati H Fauzan Khalid.(foto: istimewa)

Pengukuhan Pengurus FKSPP Lobar oleh Bupati H Fauzan Khalid.(foto: istimewa)

LOBAR, Lomboktoday.co.id – Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid menilai begitu strategis dan pentingnya eksistensi pondok pesantren dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini. Penyelenggaraan pendidikan ala Ponpes dengan pendidikan nasional yang diselenggarakan pemerintah pun tidak berbeda jauh dan tipis sekali.

Bupati mengemukakan hal itu saat pengukuhan Forum Kerjasama Pondok Pesantren (FKSPP) se Lombok Barat di aula utama Pemkab LombokBarat di Giri Menang, Gerung, Rabu (22/6).

Kegiatan ini dihadiri Sekda Lobar HM Taufiq, sejumlah Kepala SKPD lingkup Pemkab Lobar, para alim ulama, tuan guru dan sejumlah pimpinan Ponpes se Lombok Barat.

Bupati lebih jauh mengungkapkan keprihatinannya, jika di Lombok Barat tak ada Ponpes, maka perilaku generasi yang tidak sesuai dengan norma dan tuntunan agama akan tergerus oleh perilaku kehidupan yang serba bebas dan bias merusak ahlak dan akidah masyarakat. Demikian juga keberadaan Ponpes telah membantu masyarakat untuk tidak putus sekolah karena daya tampung pada sekolah pemerintah sangatlah terbatas.

“Jadi keunggulan masyarakat menyekolahkan anaknya di Ponpes sangat bermakna dalam membentuk kepribadian anak didik kaitannya dengan mencegah terjadinya dekadensi moral yang selama ini sudah jauh merosot. Karena itu, Pemda tetap punya komitmen untuk memajukan Ponpes dalam menyukseskan gerakan pendidikan di Lombok Barat” ungkap Fauzan.(hrw)

Kirim Komentar

Leave a Reply