Parit Tersumbat, Belasan Rumah Banjir

Air menggenangi belasan rumah di Desa Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

Air menggenangi belasan rumah di Desa Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Melubernya air parit yang berada di samping SDN Songak yang disebabkan karena derasnya hujan membuat belasan rumah di Desa Songak, Kecamatan Sakra, Kabupaten Lombok Timur terendam banjir, Senin (27/6) sekitar pukul 18.30 Wita.

Warga korban banjir disibukkan untuk membersihkan air yang masuk ke rumahnya saat orang sedang berbuka puasa.

Informasi yang berhasil dihimpun Lomboktoday.co.id, dari belasan rumah warga yang terendam banjir dengan tinggi lutut orang dewasa tersebut, dua rumah di antaranya, rumah milik H Zakaria dan Inak Fadli ketinggian air se paha orang dewasa. Air pun masuk ke dalam rumahnya, merendam barang sembako yang siap untuk dijual. Pemilik rumah dibantu warga berusaha untuk menguras air yang masuk menggunakan mesin air.

Satu unit mobil pemadam kebakaran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Timur diturunkan ke lokasi banjir, membantu warga menguras air banjir yang merendam rumah mereka.

Kepala Desa Songak, Haerudin mengatakan air yang merendam belasan rumah warga tersebut karena melubernya air parit yang ada. Hal disebabkan ada kayu yang menyumbat saluran parit sehingga air naik ke badan jalan dan menggenangi rumah warga.

“Yang paling parah ada dua rumah sehingga saat ini masih dilakukan pengurasan air dengan menggunakan mesin air dan pemadam kebakaran,” kata Haerudin seraya menegaskan sepanjang sejarah Songak tumben terjadi banjir seperti ini.

Menurut dia, terjadinya banjir saat masyarakat sedang berbuka puasa tadi. Ada salah seorang warga minta tolong kalau rumahnya terendam. Setelah dicek terdapat belasan rumah warga yang terendam banjir.

“Saya mengetahui ada banjir sama Pak Camat sehingga saya langsung ke lokasi,” tambah Haerudin.

Di tempat terpisah M Takdir Ilahi, Kepala Bidang Kesiagaan dan Tanggap Darurat BPBD Lombok Timur, mengatakan pihak sudah menerima laporan mengenai adanya banjir di Songak. Sehingga langsung menurunkan anak buahnya ke lokasi untuk membantu warga.

“Banjir terjadi karena air parit meluap ke badan jalan sehingga menggenangi rumah warga yang berada di pinggir jalan,” terang Takdir.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply