Bendahara Desa dan Camat Bakal Dilatih

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Inspektorat Kabupaten Lombok Tengah akan melakukan pelatihan terhadap semua bendahara desa dan kecamatan tentang pengelolaan administrasi keuangan. Pelatihan tersebut dilakukan guna mengantisipasi terjadinya tindak pindak korupsi. Sebab, selama ini dari hasil audit yang menjadi temuan, rata-rata yang bermasalah itu adalah administrasi pengelolaan keuangan.

“Selesai lebaran ini kita akan lakukan pelatihan tentang pengelolaan keuangan,” ungkap Lalu Aswatara, Kepala Inspektorat Lombok Tengah, Selasa (28/6).

Dijelaskannya, saat ini desa mendapatkan anggaran yang cukup besar dan itu harus bisa dipertanggungjawabkan. Dana yang diberikan kepada desa yang mencapai Rp1,5 miliar itu diharapkan mampu dikelola dengan baik oleh desa.

Selain itu juga, pihaknya selama ini sudah melakukan pelatihan terhadap semua auditor yang ada di BPMD Loteng. Akan tetapi yang menjadi persoalan dari BPMD Loteng kebingungan karena yang menjadi persoalan  pelaporan pertanggungjawabanya itu rata-rata di masalah administrasi pelaporan keuangan. Sehingga banyak oknum kepala desa yang tersangkut masalah hukum dalam hal pengelolaan Anggaran Dana Desa (ADD).

Dengan adanya pelatihan, pihaknya berharap kedepamya, tidak ada lagi kepala desa yang tersangkut masalah hukum.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply