Jelang Lebaran, Ayam Kampung Diserbu Warga

Kegiatan penjualan ayam kampung di Pasar Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji yang diburu pembeli.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

Kegiatan penjualan ayam kampung di Pasar Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji yang diburu pembeli.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – H-9 Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah penjual ayam kampung diserbu para pembeli yang dipersiapkan untuk disembelih pada hari lebaran nanti. Seperti di Pasar Tanjung, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Lombok Timur. Terlihat para pedagang ayam kampung didatangi para pembeli.

Salah seorang pedagang ayam kampung, Amaq Makrif mengaku bahwa setiap tahun menjelang dua minggu atau satu minggu sebelum lebaran Idul Fitri selalu para pembeli mencari ayam kampung, ketimbang ayam potong ataupun pejantan.

Meski dari sisi lain harga ayam kampung menjelang hari lebaran sangat tinggi, yaitu Rp80 ribu per ekornya dibanding biasanya Rp40 ribu sampai Rp50 ribu per ekornya, namun hal itu tidak mengurungkan niat pembeli untuk tetap membeli.

“Harga tinggi namun para pembeli membelinya karena harga ayam kampung akan terus naik semakin dekat lebaran,” terang Amaq Makrif seraya menegaskan di mana-mana pasar akan sama harganya.

Zulkarnaen, warga Tanjung mengatakan dirinya membeli ayam kampung jauh hari sebelum lebaran untuk mengantisipasi naiknya harga di pasaran. Kata dia, sudah menjadi hal lumrah setiap menjelang lebaran akan mengalami kenaikan yang fantastis.

“Memang yang dicari sama warga kebanyakan ayam kampung untuk kebutuhan lebaran ketimbang ayam lainnya,” terang Zulkarnain.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply