60 Persen Data KIS Keliru, Dinas STT Lotim Kelimpungan

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kurang lebih 60 persen data identitas warga masyarakat sebagai penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Kabupaten Lombok Timur keliru. Atas kekeliruan itu, setidaknya membut pihak Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (STT) Kabupaten Lombok Timur kelimpungan menerima pengaduan masyarakat.

‘’Hampir 60 persen data identitas KIS ini keliru,’’ kata Sekretaris Dinas STT Kabupaten Lotim, H Ridatul Yasa kepada wartawan di kantornya, Rabu (29/6).

Sejak terjadinya kesalahan identitas itu, menurut Ridatul, pihaknya kelimpungan menerima pengaduan masyarakat untuk melakukan perbaikan identitas pada kartu KIS tersebut. Bahkan, banyaknya masyarakat yang mengurus perbaikan, menuntut petugas untuk harus kerja ekstra.

‘’Kita memperkirakan jika 60 persen identitas masyarakat penerima KIS ini berbeda dengan identitas yang sebenarnya,’’ ungkapnya.

Hal ini terbukti, setiap hari ratusan masyarakat datang mengurus perbaikan. ‘’Kekeliruan ini disebabkan karena ketika dilakukan pendataan kerap petugas tidak mencantumkan identitas lengkap maupun nama masyarakat yang disesuaikan dengan di Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK),’’ ujarnya.

Sehingga pihaknya mengimbau masyarakat penerimah KIS supaya aktif mengecek kartu yang diterimanya itu. ‘’Kemungkinan kesalahan terjadi dari awal pendataan,’’ pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply