Ormas di Lombok Timur Pertanyakan Sumbangsih Newmont

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Sejumlah Organisasi Sosial Kemasyarakatan (Ormas) di Kabupaten Lombok Timur mempertanyakan sumbangsih PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kepada masyarakat Gumi Patuh Karya. Utamanya mengenai dana Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan yang selalu digelontorkan oleh perusahaan tambang Batu Hijau tersebut.

Hal itu terungkap saat silaturahmi yang digelar PTNNT bersama ormas dan LSM se Lombok Timur di Lesehan Rindang Rasa, Rabu (29/6).

“Kami patut pertanyakan apa yang telah diberikan PTNNT untuk masyarakat Lotim. Kami mengetahui PTNNT memiliki dana CSR tapi tidak pernah dirasakan oleh masyarakat Lotim,” terang Ahsanul Kabir, Sekretaris Cabang NU Lombok Timur.

Dirinya mengaku mengetahui dana CSR yang digelontorkan PTNNT kepada masyarakat sangat besar setiap tahunnya. Tapi sayang itu hanya diberikan kepada masyarakat yang berada di dekat tambang saja. Di sisi lain, Lombok Timur juga terkena dampak dari adanya tambang karena PTNNT membuang tailing-nya ke laut.

“Ini harus menjadi perhatian dari PTNNT. Kami minta dana CSR itu bisa dirasakan manfaatkan oleh masyarakat Lotim ke depannya,” kata Ahsanul Kabir.

Manager Sosial Responsibility PTNNT, H Kasan Mulyono menegaskan bahwa dana CSR untuk masyarakat Lombok Timur tidak ada secara langsung. Namun, bisa disikapi dengan bantuan lainnya. Sebab, dana CSR itu terbatas. PTNNT telah memberikan sumbangan kepada masyarakat Lombok Timur dengan perekrutan tenaga kerja.

Tidak hanya itu, setiap tahunnya PTNNT memberikan bantuan kepada Pemkab Lombok Timur sebesar Rp1,8 miliar.

Sedangkan wilayah yang memperoleh dana CSR sesuai amdal, yakni Kecamatan Jereweh, Sekongkang, dan Maluk. Semuanya berada di Kabupaten Sumbawa Barat.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply