118 Napi Rutan Praya Dapat THR Idul Fitri

Lalu Jumaidi, Kepala Rutan Praya Loteng.(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

Lalu Jumaidi, Kepala Rutan Praya Loteng.(foto: Ros/Lomboktoday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Tunjangan Hari Raya (THR) Idul Fitri bukan hanya diberikan kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau karyawan swasta. Namun, sejumlah narapidana (Napi) yang ada di Rumah Tanahan (Rutan) Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) juga diberikan THR berupa remisi pada Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah.

“Dari total warga binaan yang ada di Rutan Praya Loteng sebanyak 266 orang, yang mendapat remisi pada Hari Raya Indul Fitri Tahun 2016 ini sebanyak 118 napi,” ungkap Kepala Rutan Praya Loteng Lalu Jumaidi kepada wartawan, Selasa (5/7).

Dijelaskannya, semua napi yang diberikan remisi khusus ini, jauh sebelumnya telah dilakukan penilaian selama bulan puasa, baik itu dalam beribadah dan kedisiplinan selama di lingkungan Rutan Praya ini. Jumlah remisi yang diberikan kepada napi antara 15 hari sampai dengan sebulan. Mereka juga rata-rata kasus pidana umum.

“Kasus korupsi tidak ada yang diberikan. Begitu juga kasus narkoba tidak diberikan remisi,” ujar Jumaidi.

Selama kunjungan lebaran mulai H+1 sampai dengan H+7, waktu kunjungan bagi keluarga warga binaan akan diperpanjang mulai dari pukul 09.00 Wita sampai dengan 16.00 Wita. Hal itu dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi keluarga untuk bersilaturahmi dan kangen-kangenan sama keluarga mereka. Pihaknya juga tidak membatasi jumlah keluarga warga binaan yang akan melakukan kunjungan selama perayaan lebaran 1437 hijriah.

Jumlah warga binaan di Rutan Praya ini mencapai 266 orang. Menurut Jumaidi, jumlah itu telah melampaui kapasitas sesungguhnya sebanyak 97 orang. Sedangkan jumlah kamar yang ada di Rutan Praya ini sebanyak 35 kamar yang diisi satu kamar itu rata 10-15 napi.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply