Atasi Kekeringan Semua Institusi Harus Terlibat

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Timur terus melakukan berbagai upaya dalam mengatasi masalah kekeringan berkepanjangan yang melanda Lombok Timur akhir-akhir ini. Di antaranya, melakukan pendropan air bersih ke wilayah yang betul-betul kekurangan air bersih.

“Kasus kekeringan ini ibarat penyakit, kita sudah tahu penyakitnya, tinggal bagaimana mengobati,” ungkap Kepala BPBD Lombok Timur H Napsi, Jumat (9/9).

Dirinya terus mengajak semua pihak, dari perbankan, dinas instansi, dan lainnya, untuk ikut peduli dan mau berbagi mengatasi kekeringan ini.

“Kami sedang disain program untuk antisipasi kekeringan ke depan,seperti membangun lebih banyak sumur bor dan lainnya,” katanya.

Menurut Napsi, tahun ini, pihaknya fokus mengantisipasi kekeringan di wilayah selatan, dengan membuat bak-bak penampung air.

“Insya Allah 2019 masalah kekeringan ini dapat dituntaskan,” paparnya, seraya meminta juga kepada para kepala desa untuk menyisihkan dana desanya untuk membangun sumur bor sehingga kekeringan dapat teratasi.

“Kita juga berharap Bappeda harus membuat program menyeluruh terkait penanganan kekeringan dengan pembangunan sumur bor di masing-masing desa,” pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply