Kekeringan, Bangun 11 Sumur Bor

Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Mineral (SDM) Dinas ESDM Perdagangan dan Perindustrian Lombok Timur Siti Hijriani.(foto: Dim/Lomboktoday.co.id)LOTIM, Lomboktoday.co.id – Mengatasi kekeringan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Timur melalui Dinas ESDM Pedagangan dan Perindustrian Lombok Timur, kembali membangun sumur bor di beberapa lokasi yang mengalami kekeringan.

“Tahun ini ada 11 sumur bor yang dibangun di daerah yang kekeringan,” ungkap Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Mineral (SDM) Dinas ESDM Perdagangan dan Perindustrian Lombok Timur Siti Hijriani.

Menurut Hijriani, anggaran pembangunan sumur bor bersumber dari dana APBD dan dana aspirasi dewan. “Untuk tahun ini, enam sumur bor dibangun menggunakan dana aspirasi dewan, dan sisanya menggunakan dana APBD,” katanya.

Untuk pembangunan sumur bor menggunakan dana APBD dibangun di empat lokasi, yaitu Desa Ekas, Pene, Bungtiang, dan Pringgabaya, lengkap, termasuk pembangunan tandonnya. Sementara pembangunan menggunakan dana aspirasi dewan di enam desa, yaitu Desa Rarang, Sukadana, Sikur, Dames, Sukarara, dan Kelurahan Selong, hanya pembangunan sumur bor saja, belum tandonnya.

“Dana aspirasi dewan ini, tak mencukupi untuk membangun tandon,” terangnya seraya mengatakan sebelum penentuan lokasi pihaknya terlebih dahulu melakukan survey.

“Pembangunan sumur bor ini agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar,” ujarnya. Sayangnya sudah banyak sumur bor yang dibangun, hanya saja pemeliharaan tidak dilakukan.

“Banyak di antara sumur bor tersebut menjadi mangkrak, terutama bantuan dari pemerintah pusat. Padahal, jika sumur bor yang dikelola dengan baik, sangat bermanfaat bagi masyarakat yang mengalami kekeringan,” ungkapnya.(DIM)

 

Kirim Komentar

Leave a Reply