Perbup Pilkades Riskan Atur Sengketa

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Forum Kepala Desa (Kades) se Kabupaten Lombok Timur (Lotim) akan melakukan kajian publik terhadap Peraturan Bupati Lombok Timur No 15 Tahun 2016 tentang tata cara pemilihan, pengangkatan, dan pemberhentian kepala desa.

Pasalnya, Perbup dianggap belum lengkap mengatur mengenai masalah sengketa Pilkades. Hal ini menjadi riskan dan harus menjadi perhatian Bupati Lotim HM Ali Bin Dachlan bersama Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim selaku pihak yang bertanggung jawab atas pelaksanaan Pilkades serentak nantinya.

Menurut Lalu Muhir, Ketua Forum Kepala Desa Lotim, para Kades akan membahas mengenai masalah Perbup karena seharusnya lengkap mengenai penyelesaian sengketa Pilkades sebagaimana Pilkada, seperti ada lembaga untuk menyelesaikan sengketa.

“Kami minta kepada Pemkab Lotim untuk melakukan peninjauan kembali terhadap Perbup tersebut karena masih banyak kekurangan yang ada di dalamnya. Muara akan terjadinya konflik dalam Pilkades di sini karena tidak ada diatur penyelesaian sengketa,” tandas Muhir.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply