Wabup Haerul Warisin Minta Petani Tembakau Jujur

Wabup Lotim Haerul Warisin saat bersama para petani tembakau.(foto: SR/Lomboktoday.co.id)LOTIM, Lomboktoday.co.id – Wakil Bupati Lombok Timur H Haerul Warisin meminta agar para petani tembakau binaan perusahaan untuk jujur.

“Kalau dilihat di lapangan bukan perusahaan yang salah tidak mau membeli, akan tapi petani yang tidak amanah menjalankan kesepakatan yang telah dibuat bersama,” tegas Haerul Warisin kepada Lomboktoday.co.id, Jumat (9/9).

Menurut Haerul Warisin, dari hasil turun ke para perusahaan tembakau, mereka mengatakan tetap membeli tembakau milik petani binaan semuanya. Sayangnya, perusahaan justru melihat realita di lapangan petanilah yang justru yang bermain. Sebab, banyak petani binaan ini yang membeli tembakau petani lainnya untuk kembali dijual ke perusahaan. Sebaliknya, hasil omprongan tembakau para petani binaan yang kualitasnya lebih bagus malahan dijual ke perusahaan lain.

“Kita jangan salahkan perusahaan sepenuhnya. Petani harus jujur dalam melakukan penjualan,” ucap Haerul Warisin.

Dia pun meminta kepada para perusahaan dan petani untuk bersama-sama saling melakukan koreksi diri, tidak menyalahkan orang lain sebelum melihat kenyataan yang ada di lapangan.

Pemkab Lotim tetap akan melakukan pengawasan terhadap para perusahaan tembakau mitra yang beroperasi di Gumi Patuh Karya ini.

“Kalau semuanya bekerja sesuai aturan tentunya tidak ada yang saling salahkan dan tembakau petani akan terbeli semuanya,” terang Haerul Warisin.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply