Gunung Barujari Meletus, Bandara LIA Masih Beroperasi

Hingga Selasa (27/9) sore aktivitas Bandara LIA masih normal.(foto: SR/Lomboktday.co.id)

Hingga Selasa (27/9) sore aktivitas Bandara LIA masih normal.(foto: SR/Lomboktday.co.id)

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Gunung Barujari anak Gunung Rinjani di  Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) kembali meletus pada Selasa (27/9) pukul 14.45 Wita. Aktivitas abu vulkanik Gunung Barujari cukup meningkat.

Namun erupsi Gunung Baru jari yang sudah meletus ketiga kalinya itu tidak mengganggu aktivitas penerbangan di Bandara Lombok International Airport (LIA) Lombok Tengah (Loteng), Dan belum ada penutupan

General Manajer PT Angkasa Pura I LIA Lombok, I Gusti Ngurah Adita mengatakan, melihat dari perkembangan adanya abu vulkanik Gunung Barujari berdasarkan pantauan tim di bandara  masih aman. Pihak bandara juga terus melakukan pantauan setiap jam melalui  Satelit Himawari. Dan gambar terakhir masih aman.

“Belum ada penutupan bandara hingga saat ini,” ujar Gusti kepada wartawan, Selasa (27/9).

Dijelaskannya, pergerakan debu vulkanik Gunung Barujari  tergantung arah angin. Sehingga pantauan dilakukan tiap jam. Arah abu vulkanik ke arah Lombok Utara dan Bali. Sehingga  pihaknya juga tetap melakukan monitor dengan Bandara Ngurah Rai, Bali. Namun belum ada penutupan hingga saat ini.

“Penerbangan dari  Bali ke Lombok juga  tidak ada masalah,” katanya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply