Perlu Peningkatan Kapasitas Kecakapan Camat

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Rosiady Sayuti (kiri).(foto: dok Humas NTB)

Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Rosiady Sayuti (kiri).(foto: dok Humas NTB)

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Peningkatan kapasitas camat perlu dilakukan agar peningkatan pelayanan dasar kepada masyarakat dapat terwujud.

“Bupati mengusulkan seseorang menjadi camat tidak sembarang. Camat harus memiliki kapasitas dan kapabilitas yang khas karena dia harus membawahi kepala desa-kepala desa yang notabene kepala desa tersebut merupakan tokoh masyarakat,” jelas Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Rosiady Sayuti saat pelatihan pelayanan dasar masyarakat di tingkat kecamatan, Kamis (29/9).

Sebanyak 16 aparatur kecamatan dilatih. Mereka berasal dari 4 kabupaten, yaitu Kabupaten Bima, Kabupaten Sumbawa, Lombok Timur, dan Lombok Utara. Sebanyak dua kecamatan dari masing-masing kabupaten tersebut dipilih untuk mengikuti kegiatan yang berlangsung dua hari.

Kegiatan tersebut digelar oleh Kolaborasi Masyarakat dan Pelayanan Kesejahteraan (Kompak) NTB bekerjasama dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI dan Biro Administrasi Pemerintahan Setda Nusa Tenggara Barat. Lokakarya untuk melatih aparatur kecamatan terkait pelayanan dasar kepada masyarakat. Hal ini agar kemampuan dan kapasitas camat dapat meningkat sehingga mampu mendesain program peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Profession Manager Kompak Provinsi NTB Lalu Anjakusuma menjelaskan empat kabupaten tersebut merupakan pilot project yang didanai oleh Pemerintah Australia yang bekerjasama dengan Bappenas.

“Tahun 2016, hanya memilih 10 kabupaten saja se-Indonesia. Namun dalam RPJMD Bappenas, tahun 2017 nanti akan ditingkatkan dan dikembangkan ke  40 kabupaten, tahun 2018 menjadi 70 kabupaten dan tahun 2019 akan menjadi 110 kabupaten pilot project di Indonesia,” jelasnya.

Lanjut Lalu Anjakusuma, pilot project tersebut memiliki keunikan tersendiri yaitu penguatan kecamatan, untuk meningkatkan akses dan pelayanan dasar bagi masyarakat.(ar/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply