Pariwisata Miliki Trend Positif

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Musayawarah Nasional (Munas) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) ke-VI, Senin (03/10) malam, di Hotel Lombok Raya Mataram, telah dibuka oleh Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr TGH M Zainul Majdi MA, yang ditandai dengan pemukulan rebana oleh kedua pejabat tersebut.

MUNAS HPI: Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr TGH M Zainul Majdi MA saat membuka Munas HPI ke-VI.

MUNAS HPI: Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya dan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB), Dr TGH M Zainul Majdi MA saat membuka Munas HPI ke-VI.

Dalam kata sambutannya, Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, sektor pariwisata di Indonesia merupakan penyumbang devisa terbesar ke-4 yaitu sekitar 9,3 persen bila dibandingkan dengan industry lainnya.

Menpar juga berkeyakinan, devisa akan terus semakin bertambah dari dunia pariwisata, karena sektor ini menunjukkan trend pertumbuhan yang positif. Berbeda dengan sektor gas, batubara dan minyak kelapa sawit, yang menunjukkan trend negative.

‘’Untuk biaya pemasaran, kita hanya membutuhkan 2 persen dari proyeksi devisa yang dihasilkan. Sedangkan untuk sektor tenaga kerja, pariwisata Indonesia bisa menyumbangkan 8,4 persen secara Nasional atau sama dengan 9,8 juta lapangan kerja,’’ ungkap Menpar.

Acara Munas Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) ke-VI itu, selain dihadiri oleh Menpar RI dan Gubernur NTB, juga dihadiri oleh jajaran Pemda NTB dan perwakilan dari masing-masing DPD HPI seluruh Indonesia.

Sementara itu, Gubernur NTB, DR TGH M Zainul Majdi mengatakan, pramuwisata intinya adalah perjumpaan antara turis dengan tuan rumah. Dalam hal ini, pramuwisata menjadi tuan rumah saat menerima turis yg berkunjung ke NTB.

Pramuwisata adalah wakil dari pemerintah dan segenap masyarakat NTB. Maka, tumbuhkan profesionalitas yang berpondasi pada keteguhan komitmen dan kejujuran. ‘’Dengan modal itu, yakinlah akan tumbuh pesan dan kesan positif tentang daerah kita,’’ demikian pesan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi di hadapan segenap peserta dan hadirin undangan Munas HPI ke-VI.(bul)

Kirim Komentar

Leave a Reply