Baru Rp4 M Bantuan Hibah DBHCHT Dicairkan

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur sampai saat ini baru mencairkan bantuan hibah Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) sebesar Rp4 miliar dari jumlah keseluruhan sebesar Rp17 miliar lebih untuk para petani tembakau di wilayah Lotim.

Kabid Anggaran Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kabid Anggaran Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

‘’Saat ini hanya baru sebesar Rp4 miliar bantuan hibah yang sudah dicairkan untuk petani tembakau. Jumlah petani yang akan menerima bantuan hibah DBHCHT itu mencapai belasan ribu orang,’’ kata Kepala Bidang Anggaran Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim, Hasni kepada Lomboktoday.co.id, di Selong.

Mantan Kabid Pajak ini menjelaskan, pihaknya sudah siap untuk mencairkan semua bantuan hibah DBHCHT itu kalau semua persyaratan sudah lengkap dan tidak ada masalah lagi. Karena, Dinas PPKA Lotim hanya menerima barang yang sudah jadi.

Prosesnya itu berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Lotim. Terutama mengenai jumlah petani tembakau yang akan memperoleh bantuan hibah tersebut.

Itu sebabnya harus turun lapangan untuk menghindari adanya petani fiktif yang akan memperoleh bantuan. Jadi, untuk bisa mencairkannya harus mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Bupati Lotim mengenai nama dan jumlah petani yang akan memperoleh DBHCHT tersebut.

‘’Kami mencairkan berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh Bupati Lotim. Kalau masih terjadi masalah, kami minta kepada Dinas Hutbun untuk memperbaiki agar nanti tidak menjadi masalah dikemudian hari,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply