Bupati Lotim Cuekin Tumpukan Sampah Pantai Labuhan Haji

193
SAMPAH: Nampak tumpukan sampah berbagai jenis di pinggir Pantai Labuhan Haji. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kawasan Pantai Labuhan Haji, Kecamatan Labuhan Haji, Lombok Timur dipenuhi oleh banyaknya tumpukan sampah berbagai jenis. Sehingga menyebabkan Pantai Labuhan Haji terlihat kumuh dan kotor. Bupati Lotim, HM Ali BD yang hampir setiap hari melewati Pantai Labuhan Haji terkesan cuek atas kondisi kumuhnya pantai tersebut.

SAMPAH: Nampak tumpukan sampah berbagai jenis di pinggir Pantai Labuhan Haji. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)
SAMPAH: Nampak tumpukan sampah berbagai jenis di pinggir Pantai Labuhan Haji. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Padahal, Pantai Labuhan Haji ini menjadi salah satu kawasan wisata yang paling banyak dikunjungan masyarakat yang tidak saja berasal dari wilayah Lotim sendiri, tapi juga datang dari kabupaten lain, seperti Kabupaten Lombok Tengah, Lombok Barat dan Kota Mataram.

Salah seorang pengunjung Pantai Labuhan Haji, M Amin sangat menyayangkan banyaknya tumpukan sampah di sekitar kawasan Pantai Labuhan Haji ini. Akibatnya, Pantai Labuhan Haji terlihat kurang tertata dan terpelihara dengan baik kebersihannya.

Di sisi lain, Pantai Labuhan Haji ini sering diagung-agungkan oleh Bupati Lotim, HM Ali BD. Karena merupakan kawasan wisata yang bagus untuk dikembangkan kedepannya. Tapi, dengan banyaknya sampah ini, tentu membuat para pengunjung menjadi malas untuk menikmati liburan di Pantai Labuhan Haji. ‘’Sangat kita sayangkan banyaknya tumpukan sampah di kawasan Pantai Labuhan Haji ini. Padahal, setiap hari Pak Bupati Ali BD melewati Pantai Labuhan Haji, tapi kenapa dibiarkan sampah menumpuk di pinggir pantai tersebut,’’ ungkapnya.

Hal senada disampaikan Taufik. Warga Selong ini menegaskan, bagaimana pariwisata Lotim akan bisa maju kalau kondisi pantainya banyak tumpukan sampah seperti yang terlihat di Pantai Labuhan Haji. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Lotim justeru terkesan diam dan tidak bergerak untuk membersihkan kawasan Pantai Labuhan Haji yang penuh dengan tumpukan sampah.

‘’Seharusnya Disbudpar Lotim segera bertindak melihat kondisi Pantai Labuhan Haji seperti itu, dan membersihkan di sekitar kawasan pantai agar bersih dan tidak ada lagi ditemukan tumpukan sampah,’’ kata Taufik.

Sementara itu, Sekretaris Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lotim, Rusliadi mengatakan, tidak menampik hal itu. Sehingga ini menjadi tugas para pelaku wisata untuk bergerak cepat mengatasi masalah tumpukan sampah yang ada di kawasan Pantai Labuhan Haji. ‘’Para pelaku wisata juga memiliki kewajiban untuk memperhatikan kondisi dan kebersihan lokasi wisata, dan berkoordinasi dengan Dinas Budpar Lotim,’’ kata Rusliadi.(SR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here