GBNI Belum Terdaftar di Bakesbangpoldagri

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Sejumlah pengurus Garda Bela Negara Indonesia (GBNI) Kabupaten Lombok Timur mengakui bila keberadaan organisasi masyarakat (Ormas) tersebut masih illegal. Mengingat belum mengantongi ijin dan terdaftar di Badan Kesatuan Bangsa Politik Dalam Negeri (Bakesbangpoldagri) Lotim sesuai aturan perundang-undangan yang berlaku.

‘’Kami akui memang GBNI ini belum terdaftar di Bakesbangpoldagri Lotim sesuai aturan yang ada,’’ kata Wakil Komandan Komando Daerah 02 GBNI NTB, Djufri Sapari kepada Lomboktoday.co.id, di Selong.

Djufri menjelaskan, langkah yang diambil oleh Bakesbangpoldagri Lotim sudah bagus. Yakni dengan memberhentikan dan membubarkan aktivitas GBNI tersebut. Dan diminta untuk mengurus ijin dalam melakukan aktivitasnya.

Sementara dari pengurus GBNI saat ini masih merekrut anggota GBNI, sehingga bila sudah merekrut, tentunya akan dilakukan deklarasi. Dan semua ijin maupun persyaratan yang telah diatur dalam undang-undang, akan dilengkapi. Sehingga keberadaan GBNI ini legal secara formal.

‘’Dengn adanya teguran dari Bakesbangpoldagri Lotim tentu sangat bagus sekali, sehingga nanti kami tidak salah dalam melangkah dan berbuat di lapangan,’’ ungkapnya.

Djufri membantah informasi yang berkembang di lapangan bila pemimpin GBNI ini adalah orang militer berpangkat jenderal. Sama sekali itu tidak benar, melainkan pemimpinnya berasal dari sipil sesuai dengan GBNI yang tidak ada hubungan dengan militer.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply