Pelajar Diajak Lestarikan Kesenian Marawis

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Sejumlah Group Marawis Pelajar se-Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) mengikuti Lomba Kesenian Marawis. Kegiatan yang diselenggarakan oleh DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Loteng bekerjasama dengan Dewan Kesenian Daerah (DKD) Loteng, Kamis (13/10), dimulai sejak pagi hingga malam hari. Lomba Kesenian Marawis ini merupakan salah satu rangkaian perayaan HUT Loteng ke-71 tahun 2016. Sejumlah nama beken Loteng turut menghadiri kegiatan ini, seperti Wakil Bupati Loteng, L Pathul Bahri, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, HM Nasri Anggara, serta sejumlah anggota DPRD Loteng.

Wakil Bupati Loteng, L Pathul Bahri, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, HM Nasri Anggara dan Ketua DPD KNPI Loteng, M Samsoel Qomar saat pembukaan kegiatan Lomba Kesenian Mawaris. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Wakil Bupati Loteng, L Pathul Bahri, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Loteng, HM Nasri Anggara dan Ketua DPD KNPI Loteng, M Samsoel Qomar saat pembukaan kegiatan Lomba Kesenian Mawaris. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Ketua DPD KNPI Loteng, M Samsoel Qomar mengatakan, Lomba Marawis diadakan untuk mengajak pelajar agar lebih mengenal Marawis, mengingat saat ini banyak generasi muda, khususnya pelajar yang sudah tidak lagi mengenal Kesenian Marawis.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengembangkan dan melestarikan kesenian bernuansa Islami. Serta menjadikan kesenian bernuansa Islami menjadi salah satu kegiatan yang dapat mencegah pelajar dalam melakukan penyimpangan. ‘’Kegiatan ini dilakukan untuk mengajak pelajar dan kaum muda lainnya mengenal dan melestarikan Kesenian Marawis,’’ kata Samsoel Qomar.

Selain itu, dirinya berharap keinginan Pemerintah Kabupaten Loteng untuk menjadikan daerah ini menjadi religius, menjadi satu kesatuan dengan pemuda yang ingin berkreasi dalam dunia seni. Disamping juga sebagai salah satu staregi untuk mengajak dan menyebarkan syiar Islam pada remaja dan seluruh pemuda di Loteng.

Kesenian Marawis, lanjut Samsoel Qomar, sudah menjadi salah satu ekstrakulikuler yang dikembangkan di sejumlah sekolah, tidak hanya di madrasah, melainkan juga saat sudah banyak sekolah reguler yang mengembangkan Kesenian Marawis tersebut.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Loteng, HM Nasri Anggara mengapresiasi kegiatan Lomba Kesenian Marawis ini. Panitia penyelenggara dirasa peduli dengan potensi serta kreatifitas anak muda. Sehingga, melalui kegiatan ini kaum muda, khususnya pelajar mampu mengeksplorasi potensi yang dimilikinya. ‘’Kegiatan ini sangat bagus untuk anak muda zaman sekarang. Terlebih kaum muda bisa mengekplorasi dirinya lewat lomba,’’ katanya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply