Warga Serewe Dapat Bantuan Air Bersih

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menyalurkan air bersih sebanyak lima tangki ke wilayah Dusun Serewe, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Kabupaten Lombok Timur, Kamis (13/10). Kegiatan penyaluran air bersih tersebut dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik bersama anak buahnya.

Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik sedang menyalurkan air bersih untuk masyarakat Dusun Serewe, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lotim. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik sedang menyalurkan air bersih untuk masyarakat Dusun Serewe, Desa Serewe, Kecamatan Jerowaru, Lotim. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Pendistribusian air bersih itu langsung diserbu masyarakat Dusun Serewe. Bahkan mereka saling berdesakan karena takut tidak kebagian. Beruntungnya petugas bisa mengaturnya dengan cara mengantri agar tidak saling berdesak-desakan.

Kepala Dinas Sosdukcapil Provinsi NTB, H Ahsanul Khalik mengatakan, pendistribusian air bersih untuk masyarakat di wilayah Dusun Serewe ini merupakan yang kesekian kalinnya. Ini dilakukan tidak terlepas dari surat yang masuk ke pihaknya mengenai permintaan air bersih.

‘’Kami berikan bantuan air bersih ini sesuai surat yang masuk kepada kami. Memang kalau dilihat dari surat yang masuk, kebanyakan berasal dari Kabupaten Lotim,’’ kata Ahsanul Khalik.

Ahsanul Khalik yang baru beberapa hari menjabat sebagai Kadis Sosdukcapil NTB mengakui, selain dari Kapaten Lotim, pihaknya juga menerima surat permohonan dari kabupaten/kota lain di Pulau Lombok. Permasalahannya pun sama yakni meminta bantuan pendistribusian air bersih. Dalam menyikapi persoalan ini, tentu pihaknya akan melihat kondisi dusun atau desa mana yang mengalami krisis air bersih paling parah, sehingga bisa diprioritaskan untuk didahului.

‘’Dalam menyalurkan air bersih ini, kami melakukan secara bertahap dan tidak terfokus pada satu titik saja. Artinya, akan dilakukan secara bergantian sesuai permintaan yang ada,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Kepala Desa Serewe, Abdul Hamid mengatakan, dengan adanya penyaluran bantuan air bersih untuk masyarakatnya oleh Dinas Sosdukcapil Provinsi NTB, tentu pihaknya merasa sangat bersyukur.

Sedangkan untuk mencukupi kebutuhan air bersih sehari-hari, masyarakat membelinya dengan harga Rp150 ribu per tangki. ‘’Air begitu sangat berarti bagi masyarakat Serewe. Mereka lebih baik dikasi air ketimbang dikasi beras atau yang lainnya,’’ kata Abdul Hamid.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply