Pengembangan Desa Wisata Belum Maksimal

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Keberadaan desa wisata di Kabupaten Lombok Timur, pengembangannya belum maksimal sebagaimana diharapkan. Ini tidak terlepas dari sumber daya manusia (SDM) yang masih kurang. Sehingga harus menjadi perhatian pemerintah daerah bersama stakeholders lainnya.

MENAKJUBKAN: Sembalun salah satu potensi wisata yang sangat menakjubkan yang dimiliki oleh Lombok Timur, berada di bawah naungan Desa Wisata Sembalun. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

MENAKJUBKAN: Sembalun salah satu potensi wisata yang sangat menakjubkan yang dimiliki oleh Lombok Timur, berada di bawah naungan Desa Wisata Sembalun. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Adapun desa wisata di Lotim antara lain; Desa Sapit, Sugian, Labuhan Lombok, Lendang Nangka, Tete Batu dan Sembalun, menjadi potensi yang sangat bagus dalam pengembangan pariwisata kedepannya di Bumi Patuh Karya ini. ‘’Kenapa pengembangan desa wisata itu belum maksimal, karena ini tidak terlepas dari kurangnya SDM yang dimiliki oleh masing-masing desa itu,’’ kata Ketua East Lombok Tourism Community, H Gufranudin kepada Lomboktoday.co.id, di Selong, Sabtu (15/10).

Gufranudin yang juga mantan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar) Lotim menjelaskan, meski sudah ada pembinaan yang dilakukan pemerintah daerah selaku pemegang pemangku kebijakan di daerah, tapi harus perlu ditingkatkan lebih baik lagi agar apa yang menjadi harapan bersama bisa terwujud.

Selain itu, keberadaan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) di masing-masing desa wisata ini, menurutnya ini sangat bagus dalam pengembangan wisata kedepannya. Apalagi di masing-masing desa wisata itu memiliki potensi wisata alam maupun pantai yang sangat indah dan menakjubkan. ‘’Desa wisata itu harus ada akomodasi, atraksi dan fasilitasi penunjang lainnya. Dan di Lotim sudah ada semua itu, tinggal perlu ditingkatkan lagi agar tidak kalah bersaing dengan kabupaten lainnya,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply