Kerajinan Loyok Mulai Bangkit

Kepala Desa Loyok, Rosyidi. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

Kepala Desa Loyok, Rosyidi. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Para pemilik art shop yang ada di Desa Loyok, Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), mulai membangkitkan kembali kerajinan anyaman bambu yang ada di desa setempat yang sebelumnya telah mendunia.

‘’Kalau kerajinan selalu tersedia, hanya saja tamu yang datang masih kurang,’’ kata Kepala Desa Loyok, Rosyidi, kepada Lomboktoday.co.id, di kantornya, Senin (17/10).

Rosyidi mengatakan, imbas dari kasus bom bali masih terasa hingga sekarang ini, sehingga banyak art shop yang harus gulung tikar. Buktinya, dari 30 lebih jumlah art shop di Desa Loyok, namun yang masih beroperasi hingga sekarang ini hanya delapan art shop.

Akibatnya, banyak warganya yang memilih menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) ke luar negeri. Jadi, untuk membangkitkan kembali kerajinan anyaman tersebut, pihaknya pun telah meminta ke Dinas Koperasi maupun Dinas Perdagangan Kabupaten Lombok Timur untuk selalu memberikan support kepada pemilik art shop yang ada. ‘’Ya paling tidak dinas mendatangkan turis ke Desa Loyok,’’ ungkapnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply