Kolam Labuh Dermaga Labuhan Haji Belum Dikeruk

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Kapal pengeruk yang sudah bersandar di Dermaga Labuhan Haji, Lombok Timur, ternyata sampai saat ini belum juga mengeruk kolam labuh Dermaga Labuhan Haji. Padahal, kapal pengeruk itu telah didatangkan oleh kontraktor pemenang tender proyek pengerukan kolam labuh dengan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah.

BELUM DIKERJAKAN: Kolam labuh Dermaga Labuhan Haji yang akan dikeruk dengan menghabiskan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

BELUM DIKERJAKAN: Kolam labuh Dermaga Labuhan Haji yang akan dikeruk dengan menghabiskan anggaran mencapai puluhan miliar rupiah. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

‘’Kapal pengeruk memang sudah datang di Dermaga Labuhan Haji, tapi belum mulai beraktivitas untuk mengeruk kolam labuh Dermaga Labuhan Haji tersebut,’’ kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Lotim, Sateriadi kepada Lomboktoday.co.id, di kantornya, Senin (24/10).

Sateriadi menjelaskan, penyebab belum beraktivitasnya kapal pengeruk itu, karena beberapa alatnya belum datang dan masih dalam perjalanan. Diakui memang, sesuai hasil rapat tim tekhnis dengan konsultan, bahwa pengerjaan pengerukan itu paling cepat akan dimulai pada 5 Nopember 2016 dan paling lambat 10 Nopember 2016.

Dengan rencana pengerjaan sesuai jadual kontrak selama 28 hari. Bahkan bisa lebih cepat dari jadual kontrak bila tidak ada gangguan besar dan resiko nanti dalam pengerjaan proyek tersebut. ‘’Yang jelas, kapal pengeruk yang digunakan sangat canggih, dan ini satu-satunya di Indonesia. Kedalaman yang akan dikeruk sepanjang tujuh meter dengan luas 300×500 meter,’’ ungkapnya.

Di tempat terpisah, Bupati Lotim, HM Ali BD menginginkan agar kontraktor pemenang tender itu segera mengerjakannya, dan jangan sampai ditunda-tunda. Tapi yang jelas, pengerjaan proyek pengerukan kolam labuh Dermaga Labuhan Haji itu bisa tuntas sebelum akhir 2016 ini. ‘’Makanya saya sudah ingatkan kepada dinas maupun kontraktornya agar jangan lambat dalam bekerja,’’ ungkap Ali BD.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply