Baru 8 Desa Laporkan Hasil Penetapan Cakades

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dari 53 desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak pada 14 Desember 2016 mendatang, baru hanya delapan desa yang telah melaporkan hasil penetapan calon kepala desa (Cakades) secara tertulis kepada panitia Pilkades di tingkat Kabupaten Lotim.

Koordinator Tim Sekretariat Pilkades Tingkat Kabupaten Lotim, Lukmanul Hakim. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Koordinator Tim Sekretariat Pilkades Tingkat Kabupaten Lotim, Lukmanul Hakim. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Ke-8 desa tersebut, diantaranya; Desa Denggen Timur—Kecamatan Selong, Desa Kerumut—Kecamatan Pringgabaya, Desa Keselet—Kecamatan Sakra, Desa Montong Gading dan Desa Pringgejurang—Kecamatan Montong Gading, Desa Menceh—Kecamatan Sakra Timur, Desa Madain—Kecamatan Sambelia dan Desa Lenek Pesiraman—Kecamatan Aikmel.

‘’Dari laporan resmi yang kami terima, baru delapan desa yang telah melaporkan hasil penetapan Cakades kepada kami,’’ kata Koodinator Tim Sekretariat Pilkades Tingkat Kabupaten Lotim, Lukmanul Hakim kepada Lomboktoday.co.id, di ruang kerjanya, Kamis (27/10).

Lukmanul Hakim yang juga pejabat di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim ini menjelaskan, sesuai aturan yang ada dalam Peraturan Daerah (Perda) tentang Desa dan Peraturan Bupati Lotim tentang Pilkades, disebutkan dengan jelas bahwa setiap desa yang melaksanakan Pilkades, harus melaporkan hasil penetapan calon kepala desa (Cakades) ke Panitia Kabupaten sesuai tahapan Pilkades yang ada. Dan hampir semua desa yang melaksanakan Pilkades ini, telah menetapkan calon kadesnya. Hanya saja sebagian besar desa tersebut belum melaporkan hasilnya secara tertulis.

‘’Bagi yang belum menetapkan calon kades, masih ada kesempatan sampai tanggal 5 Nopember 2016,’’ ungkapnya sembari mengatakan, mengenai 11 desa yang sebelumnya bermasalah lantaran terdapat lebih dari lima calon, kini sudah hampir selesai.

Untuk Desa Masbagik Utara Baru dan Lendang Nangka Utara, yang calonnya hanya satu dan diberikan perpanjangan masa pendaftaran agar bisa menambah calon lebih dari satu sesuai aturan yang ada. Kini sudah bertambah menjadi dua dan tiga calon kepala desa. Berarti sekarang tinggal dilakukan penetapan saja.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply