Peringatan Sumpah Pemuda di Perbatasan

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah berencana akan menggelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda, 28 Oktober 2016 di wilayah perbatasan Lombok Tengah-Lombok Barat, yakni di Desa Montong Ajan, Kecamatan Praya Barat Daya, Kabupaten Loteng.

Sekda Loteng, HM Nursiah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Sekda Loteng, HM Nursiah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Sebelumnya, pihak Pemkab Loteng juga berencana menggelar apel peringatan Hari Sumpah Pemuda di wilayah Pantai Nambung, Desa Montong Aja, yang saat ini tengah dipersoalkan oleh Pemkab Lombok Tengah vs Pemkab Lombok Barat. Tapi, oleh pihak Pemerintah Provinsi NTB menyarankan agar kedua Pemkab tersebut untuk tidak melakukan aktivitas baru di wilayah Pantai Nambung.

Dari hasil pertemuan mediasi yang dilakukan Pemprov NTB terkait tapal batas wilayah Pantai Nambung kemarin, Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin menyarankan kepada Loteng dan Lobar untuk tidak melakukan aktivitas baru di wilayah Pantai Nambung. Hal itu sampai ada surat keputusan dari Mendagri terkait persoalan ini.

‘’Akhirnya dengan berbagai pertimbangan dan saran dari Pemprov NTB, untuk apel peringatan Hari Sumpah Pemuda itu tetap kita laksanakan di wilayah Kecamatan Praya Barat Daya. Dan lokasinya di lapangan Jurang Banteng, Desa Montong Ajan, sebelum Torok Aik Beleq,’’ kata Sekretaris Daerah Lombok Tengah, HM Nursiah kepada wartawan di kantonya, Kamis (27/10).

Dalam pertemuan mediasi yang dilakukan itu, kata HM Nursiah, pihaknya juga melaporkan kondisi persoalan yang terjadi di masyarakat terkait masalah tapal batas di wilayah Pantai Nambung. Dan pihak Pemprov NTB tetap melarang kedua pemkab tersebut untuk melakukan aktivitas. Kecuali pelayan publik seperti pendidikan dan kesehatan, itu tetap berjalan.

‘’Kedua kabupaten dilarang melaksanakan kegiatan ceremonial. Dan wilayah Pantai Nambung untuk sementara ditetapkan statusnya menjadi Status Quo oleh Pemprov NTB,’’ ungkapnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply