Rizal Badila, Putra Lombok yang Jadi Artis di Malaysia

Rizal Badila
Rizal Badila
Rizal Badila

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Dunia seni suara/vocal/musik Negeri Jiran Malaysia disemarakkan lagi dengan kehadiran seorang artis baru asal Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Indonesia. Media di Negara Ringgit itu banyak yang memberitakan pendatang baru di blantika musik yang datangnya dari Pulau Seribu Masjid ini. Dia adalah Rizal Badila yang dilahirkan di Desa Muncan, Kecamatan Kopang, Kabupaten Lombok Tengah.

Informasi yang dihimpun Lomboktoday.co.id dari berbagai sumber menjelaskan, perjuangan Rizal Badila hingga bisa terkenal di Malaysia, tergolong tidak gampang. Putra Sasak yang hanya mengenyam pendidikan sampai bangku SMAN 1 Kopang ini, memang memiliki hobby membuat dan membaca puisi. Kemudian dia mencoba untuk mengarang lagu yang diangkat dari perjalanan hidup pribadinya dengan judul ‘’Berharap’’.

Upaya Rizal untuk mempromosikan lagunya, dia memasukkan lagunya lewat Youtube dan Facebook, bahkan sudah berupaya mendatangi dapur rekaman yang ada di Surabaya. Namun, hasilnya tetap tidak sempurna. Lalu Rizal banting setir mencoba untuk bekerja di salah satu kantor Notaris di Mataram, namun tidak berselang lama dia keluar dari Notaris. Setelah keluar dari Notaris, Rizal yang gigih ini membuat Agen Travel yang juga berkantor di Mataram.

Dari travel inilah kisah baik Rizal mulai terukir, dimana salah seorang artis papan atas Malaysia, Ziana Zain yang datang ke Lombok untuk merayakan hari ulang tahunnya mempercayakan travel milik Rizal Badila sebagai travel yang akan mengurus segala akomodasi dan transportasi Ziana Zain bersama managernya dan anggota managemennya selama di Lombok.

Rizal yang belum banyak tahu tentang Ziana Zain, akhirnya mencoba untuk mencari tahu siapa sebenarnya Ziana Zain melalui internet. Dan baru Rizal tahu bahwa tamu yang akan dia dampingi itu adalah salah seorang artis yang sangat terkenal di Malaysia.

Mengetahui hal itu, Rizal yang memang memiliki hobby nyanyi itu berpikir, inilah kesempatan baik untuk memperdengarkan lagu-lagu karyanya. Bahkan pada saat itu, Rizal sempat membuat lagu khusus untuk Ziana Zain yang berulang tahun, dan lagu itu dia karang dalam waktu dua hari.

Akhirnya pada 2 Mei 2016, Ziana Zain datang ke Lombok dengan semua anggota managemennya. Pada malam perayaan ulang tahun Ziana Zain itu, Rizal menyanyikan lagu-lagu karangannya seperti lagu yang berjudul Berharap, Seribu Cinta dan lain-lain. Semua hadirin pada malam itu terkesima dengan penampilan Rizal Badila. Bahkan pada saat itu, ada salah seorang produser Malaysia yang tertarik untuk mengajak Rizal rekaman. Pada 5 Oktober 2016 lalu, Rizal Badila telah merampungkan rekaman album perdananya yang akan diedarkan pada tahun 2017 mendatang.(bul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *