Dinas STT Lotim Belum Terima Laporan Resmi

Sekdis STT Lotim, H Riadatul Yasa. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Sekdis STT Lotim, H Riadatul Yasa. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

‘’Terkait Nasib 10 TKI Asal Lotim Tenggelam’’

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (STT) Kabupaten Lombok Timur sampai saat ini belum menerima laporan resmi mengenai tenggelamnya 10 TKI asal Lotim di perairan Tanjung Bemban, Batu Besar Perairan Batam, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu kemarin (2/11) sekitar pukul 05.00 WIB.

‘’Secara lisan memang sebelumnya kami telah menerima laporan dari staf BNP2TKI mengenai musibah tersebut. Tapi secara resmi kemi belum menerima laporannya,’’ kata Sekteraris Dinas STT Lotim, H Riadatul Yasa kepada Lomboktoday.co.id, di Selong, Kamis (3/11).

Riadatul Yasa menjelaskan, dari laporan yang ada, jumlah korban yang tenggelam sebanyak 93 orang, dan 10 orang diantaranya merupakan TKI asal Lotim yang akan pulang ke Lombok.

Hanya saja, ia belum mengetahui secara detail identitas korban dan dari mana alamatnya. Sehingga, ia akan membuka kembali dokumen-dokumen yang ada dan perusahaan mana yang memberangkatkannya.

‘’Kalau memang mereka berangkat secara legal, pasti ada data di kantor kami, dan ini yang kami cari,’’ ungkap mantan Kabag Humas Setdakab Lotim ini.

Ia memprediksi, kemungkinan para TKI asal Lotim itu berangkat melalui jalur resmi (legal). Tapi karena sudah habis masa berlaku visa maupun surat-suratnya, sehingga memilih pulang melalui laut, lantaran merasa takut mengambil resiko ditangkap aparat.

Yang jelas, ia akan segera melaporkan ke pimpinan mengenai hal ini untuk meminta petunjuk langkah apa yang akan ditempuh. ‘’Kami masih berkoordinasi dengan pihak Konsulat Jenderal RI di Johor Malaysia mengenai masalah TKI ini,’’ jelas Riadatul Yasa.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply