Bersihkan Sumur, 4 Warga Rumbuk Kritis

KORBAN: Salah seorang korban kritis sedang dirawat karena kehabisan oksigen dan mengalami luka jerat pada saat akan membersihkan sumur menggunakan mesin pompa air di Dusun Tanah Lumpur, Desa Rumbuk. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

KORBAN: Salah seorang korban kritis sedang dirawat karena kehabisan oksigen dan mengalami luka jerat pada saat akan membersihkan sumur menggunakan mesin pompa air di Dusun Tanah Lumpur, Desa Rumbuk. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Gara-gara membersihkan air sumur menggunakan mesin pompa, pada Jumat (4/11), sekitar pukul 10.30 Wita, empat orang warga Kampung Bagek Ronjang, Dusun Tanah Lumpur, Desa Rumbuk, Kecamatan Sakra Timur, Lombok Timur, mengalami kritis karena lemas (tidak ada tenaga).

Satu diantara empat korban terpaksa dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr R Soejono Selong untuk mendapatkan perawatan intensif. Keempat korban tersebut yakni Suryadi (39), Sapriadi (30), Kadir(23) dan Ahmad Afandi (30). Kasus ini sudah ditangani pihak kepolisian guna proses pengembangan penyelidikan lebih lanjut.

Informasi yang dihimpun Lomboktoday.co.id menyebutkan, kasus ini bermula dari salah seorang korban, Suryadi membersihkan sumur umum yang tidak jauh dari tempat tinggalnya menggunakan mesin pompa air. Tapi karena  ada masalah dalam mesin itu, korban turun untuk memperbaikinya.

Sesampainya di dalam sumur, korban mengalami kekurangan oksigen, sehingga merasa lemas (kurang tenaga). Kemudian korban meminta bantuan ke warga lain yang juga menjadi korban yakni Supriadi. Ia langsung turun ke dalam sumur, tapi baru sampai jarak satu meter, ia terpeleset sehingga jatuh ke dalam sumur.

Setelah itu datang korban lainnya yakni  Kadir dan Afandi. Juga mengalami hal serupa, mengalami kekurangan oksigen setelah sampai di dalam sumur.

Mengetahui kondisi tersebut, beberapa warga lainnya berteriak minta tolong kepada masyarakat sekitarnya untuk membantu empat korban di dalam sumur tersebut.

Tak lama empat warga yang ada di dalam sumur itu berhasil dievakuasi setelah warga lainnya bersusah payah untuk mengangkatnya ke atas, dan langsung dibawa ke Puskesmas Sakra. Dan salah seorang diantara mereka, yani Supriadi, terpaksa dilarikan ke RSUD dr R Soejono Selong karena mengalami luka jerat di lehernya dan kondisi sangat lemah.

Kapolres Lombok Timur, AKBP Wingky Adithyo Kusumo melalui Kapolsek Sakra, AKP H Munawar Qomar saat dikonfirmasi membenarkan bila pihaknya telah menerima laporan mengenai adanya warga yang kehabisan oksigen dalam sumur saat akan membersihkan sumur menggunakan mesin pompa air.

‘’Alhamdulillah keempat warga yang menjadi korban itu selamat, cuma kondisinya yang masih lemah karena terlalu banyak kehabisan oksigen,’’ kata Kapolsek Sakra, AKP H Munawar Qomar kepada wartawan di kantornya, Jumat (4/11).(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply