Pilkades Serentak di Lotim Dipastikan Aman

Kepala BPMPD Lotim, H Syamsuddin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kepala BPMPD Lotim, H Syamsuddin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur memastikan kalau pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Lotim, 14 Desember 2016 mendatang, aman tanpa adanya gangguan yang berarti. Meski dalam pelaksanaannya nanti, ada riak-riak, namun itu tidak akan berpengaruh terhadap pelaksanaan Pilkades.

‘’Sampai saat ini, kondisi dalam setiap tahapan Pilkades serentak berjalan aman dan lancar,’’ kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lotim, H Syamsudin kepada Lomboktoday.co.id, di pendopo Bupati Lotim, Senin (07/11).

Pihaknya sudah memberikan penekanan kepada para calon kepala desa (cakades)  dan panitia Pilkades untuk tetap menjaga Kamtibmas. Caranya, dengan tidak melakukan tindakan-tindakan yang akan membuat situasi menjadi tidak aman, tapi hendaknya terus menciptakan situasi yang damai dalam pesta demokrasi tersebut.

Sebab, berjalan atau tidaknya pelaksanaan Pilkades serentak itu, tergantung dari semua pihak di daerah ini. Bukan berada di tangan panitia Pilkades, mengingat tugasnya hanya untuk melaksanakan tahapan Pilkades sampai terpilihnya kades yang baru.

‘’Meski penilaian kami aman, tapi tidak tahu penilaian aparat keamanan, dipastikan ada gejolak, sehingga ini tugasnya untuk memberikan keamanan kepada masyarakat yang menjalankan Pilkades. Sampai saat ini, semua kades yang melaksanakan Pilkades di 53 desa, sudah menetapkan calonnya,’’ ungkapnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply