Wabup Klaim Lotim Terbanyak Kirim TKI

Wakil Bupati Lotim, H Haerul Warisin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Wakil Bupati Lotim, H Haerul Warisin. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Wakil Bupati Lombok Timur, H Haerul Warisin mengklaim Kabupaten Lombok Timur paling terbanyak jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang bekerja di luar negeri, meskipun sebelumnya yang paling terbanyak jumlahnya adalah Kabupaten Indramayu.

Negara yang paling banyak menjadi incaran masyarakat Lotim untuk mencari nafkah ke luar negeri yakni Negeri Jiran Malaysia, Saudi Arabia, Abu Dhabi, baru negara-negara lainnya yang membutuhkan pekerja.

‘’Dari data yang ada, Lotim adalah yang terbanyak mengirim TKI ke luar negeri untuk bekerja,’’ kata Wabup Lotim, H Haerul Warisin dalam sambutannya pada saat kunjungan kerja (kunker) Pemkab Sanggau, Provinsi Kalimantan Barat, di pendopo bupati Lotim, Senin (7/11).

Dari sekian banyak jumlahnya, diakuinya memang ada yang berangkat melalui secara resmi dan non resmi. Dan pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar tidak berangkat ke luar negeri melalui jalur illegal (tidak resmi), melainkan harus melalui perusahaan yang terdaftar secara resmi di pemerintah.

‘’Kalau yang resmi, tentu kita mudah mengawasinya. Tapi kalau yang jalur tidak resmi (illegal), ini yang seringkali kami kesulitan untuk mengawasinya. Dan baru diketahui kalau sudah ada masalah di tempatnya kerja,’’ ungkap Wabup Lotim, H Haerul Warisin.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply