Katarak Penyebab Kebutaan

LOTENG, Lomboktoday.co.id – Penyakit katarak adalah salah satu kerusakan pada mata yang ditandai dengan adanya kekeruhan pada lensa mata. Variasi kekeruhan tergantung tingkat kerusakan akibat katarak. Biasanya, berlangsung perlahan-lahan dan menyebabkan gangguan penglihatan (kabur). Bahkan, berpotensi menyebabkan kebutaan. Jika kekeruhan pada lensa terlalu tebal, itu akan menghalangi jalan masuknya cahaya.

OPERASI KATARAK: PT AP I LIA sedang menggelar operasi katarak di Puskesmas Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

OPERASI KATARAK: PT AP I LIA sedang menggelar operasi katarak di Puskesmas Kuta, Kecamatan Pujut, Lombok Tengah. (Foto: Akhyar Rosidi/Lomboktoday.co.id)

Untuk itu, sebagai bentuk kepeduliannya kepada masyarakat, PT Angkasa Pura (AP) I Lombok International Airport (LIA) menggelar program bhakti sosial operasi katarak di Puskesmas Kuta, Kecamatan Pujut, Minggu (6/11).

Kegiatan itu dihadiri oleh General Manager PT AP I LIA, I Gusti Ngurah Ardita, Sekda Loteng, H Nursiah, dan sejumlah warga penderita katarak. ‘’Jumlah warga yang menerima bantuan operasi katarak kali ini sebanyak 50 orang,’’ kata GM PT AP I LIA, I Gusti Ngurah Ardita kepada wartawan di kantornya, Rabu (9/11).

Program bhakti sosial operasi katarak ini, kata Gusti Ngurah Ardita, bukan kali ini saja dilakukan, tapi kegiatan ini merupakan program rutin dari pihak bandara.

Dalam program ini, masyarakat juga tidak dipungut biaya, mereka mendapat pengobatan secara gratis. Karena biaya operasi ini ditanggung oleh pihak PT AP I LIA. ‘’Total anggaran operasi katarak ini mencapai sebesar Rp101.236.793,’’ ungkapnya.

Sementara itu, Sekda Loteng, H Nursiah mengatakan, semua biaya untuk operasi bagi penderita katarak di Puskesmas Kuta, yang berasal dari beberapa desa di wilayah Loteng, merupakan sumbangan dari Lombok International Airport (LIA).

Karenanya, ia mengajak semua masyarakat untuk bersama-sama mendoakan semoga PT AP I LIA yang berlokasi di Tanak Awu, Lombok Tengah ini semakin berkembang dan maju. ‘’Disamping itu, kita juta mari bersama-sama untuk menjaga keamanan dan kenyamanan di wilayah Loteng,’’ ujarnya.(ROS)

Kirim Komentar

Leave a Reply