PPKA Lotim Targetkan DBHCHT Tuntas Cair November

Kabid Anggaran dan Perbendaharaan Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kabid Anggaran dan Perbendaharaan Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Kabupaten Lombok Timur menargetkan pencairan Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) untuk petani tuntas pada bulan November 2016 ini. Jumlah bantuan hibah DBHCHT yang sudah disalurkan kepada petani tembakau virginia mencapai sebesar Rp12,5 miliar.

‘’Jumlah DBHCHT yang telah tersalurkan mencapai Rp12,5 miliar dari total keseluruhan yakni Rp17 miliar,’’ kata Kepala Bidang Keuangan dan Perbendaharaan Dinas PPKA Lotim, Hasni kepada Lomboktoday.co.id, di kantornya, Sabtu (12/11).

Hasni menjelaskan, jumlah petani tembakau yang mendapatkan bantuan hibah mencapai belasan ribu orang. Angka ini diketahui setelah diverifikasi oleh Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Hutbun) Lotim di lapangan. Dan mereka berhak mendapatkan bantuan hibah tersebut, terutama bagi petani yang telah mendapatkan SK dari Bupati Lotim, HM Ali BD sebagai syarat untuk proses pencairan. ‘’Tanpa ada SK Bupati Lotim, kemungkinan tidak akan bisa dicairkan dana DBHCHT untuk petani di Lotim,’’ ungkapnya.

Menurut Hasni, pihaknya hanya bertugas memproses pencairan DBHCHT itu untuk dibawa ke Bank NTB guna proses pencairan melalui rekening masing-masing petani. ‘’Kami hanya mencairkan apa yang datang dari Dinas Hutbun. Sedangkan siapa yang berhak memperoleh, itu bukan wewenang kami melainkan berada di ranah Dinas Hutbun,’’ ujarnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply