Festival Egrang, Hidupkan Permainan Tradisional

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Sampoerna Untuk Indonesia (SUI), program tanggungjawab sosial perusahaan di bawah payung PT HM Sampoerna Tbk (Sampoerna), bekerjasama dengan Putera Sampoerna Foundation School Development Outreach (PSF SDO) menyelenggarakan acara Festival Egrang. Kegiatan yang digelar di SDN 2 Terara, Lombok Timur, terdiri dari parade dan tari egrang. Festival egrang ini diikuti 28 sekolah, terdiri dari Lombok Timur sebanyak 24 SD dan Lombok Tengah empat (4) SD. Festival egrang merupakan bagian dari Festival Day yang digelar dari 19-24 November 2016.

FESTIVAL EGRANG: Festival egrang yang ditampilkan oleh peserta ini merupakan bagian dari Festival Day yang digelar dari 19-24 November 2016. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

FESTIVAL EGRANG: Festival egrang yang ditampilkan oleh peserta ini merupakan bagian dari Festival Day yang digelar dari 19-24 November 2016. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

Beragam lomba dilaksanakan; seperti sepak bola mini, bola voli mini, kerajinan tangan, teknik pramuka, tari tradisional, tahfidz, tilawah, pencak silat, dan lainnya.

Lalu Kasman Jayadi, Kepala SDN 2 Terara menyampaikan, festival egrang ini merupakan kegiatan puncak dari latihan egrang yang telah dilaksanakan di 28 sekolah peserta After School Program (ASP) 2016.

Kegiatan yang disponsori oleh Putera Sampoerna Foundation—School Development Outreach (PSF—SDO) bekerjasama dengan PT HM Sampoerna Tbk, dalam program Sampoerna Untuk Indonesia (SUI). ‘’Selama kurang lebih 3 (tiga) bulan, berbarengan dengan ragam kegiatan ekstrakurikuler yang lain, egrang dilatihkan ke anak-anak,’’ kata Kepala SDN 2 Terara, Lalu Kasman Jayadi kepada wartawan di ruang kerjanya, Senin (21/11).

Menurut Lalu Kasman Jayadi, banyak manfaat dari tari egrang yang diajarkan ke anak-anak. Dimana, siswa menjadi lebih berani, tangkas, tanggap, dan belajar untuk bekerja tim, belajar serasi dengan lingkungan sekitar. Respon masyarakat pun cukup bagus. Terutama ketika pawai dan lomba tari egrang dilaksanakan. Warga berjubel di pinggir jalan dan juga menonton lomba festival yang digelar.

Mereka merasa senang, karena permainan tradisional dihidupkan lagi melalui sentuhan kreasi yang menarik. Sebagai rangkaian dari festival ini, pada 24 November 2016 mendatang akan digelar puncak kegiatan festival yang akan diselenggarakan di lapangan Sikur, Lombok Timur. Secara umum, segenap sekolah peserta program berharap agar kegiatan positif yang diselenggarakan oleh Sampoerna Untuk Indonesia (SUI) ini terus dilanjutkan di tahun-tahun mendatang.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply