Empat Desa Belum Diproses Dana Pilkades

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Empat dari 53 desa yang akan melaksanakan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2016 ini, belum diproses dana Pilkadesnya oleh Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (PPKA) Lotim. Hal ini mengingat prosesnya masih di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Lotim.

Kabid Anggaran dan Perbendaharaan Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Kabid Anggaran dan Perbendaharaan Dinas PPKA Lotim, Hasni. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

‘’Sampai saat ini terdapat empat desa yang akan melaksanakan Pilkades, kami belum proses, karena berkasnya belum masuk ke PPKA Lotim,’’ kata Kepala Bidang Anggaran Dinas PPKA Lotim, Hasni kepada Lomboktoday.co.id, di Selong, Rabu (23/11).

Hasni menjelaskan, mulai hari ini, Selasa (23/11), pihaknya sudah memproses pencairan dana Pilkades sebanyak 30 orang. Sedangkan untuk besok, Rabu (24/11), terdapat sebanyak 19 desa yang sudah diproses dananya di Bank NTB.

Jumlah keseluruhan yang sudah diproses dana Pilkadesnya sudah sebanyak 49 desa dari jumlah 53 desa. Dan semua dana masuk ke rekening masing-masing panitia Pilkades sebagaimana yang telah diproses terlebih dahulu melalui BPMPD.

‘’Apa yang kami terima dari BPMPD, maka itulah yang terus kami proses langsung ke bank, tanpa menunggu lama lagi. Sudah tidak ada persoalan dalam proses pencairannya,’’ ungkapnya.

Desa yang paling besar memperoleh dana Pilkades, katanya, yakni Desa Masbagik Utara dengan anggaran sebesar Rp53 juta lebih. Sedangkan yang paling terendah yakni Desa Lenek Kalibambang dengan jumlah sebesar Rp18 juta.

Pihaknya akan memastikan semua dana Pilkades yang dianggarkan oleh Pemkab Lotim sebesar Rp1,5 miliar lebih itu, tersalurkan semuanya kepada 53 desa yang akan melaksanakan Pilkades. ‘’Besar atau kecilnya desa yang memperoleh dana Pilkades itu, ditentukan dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) yang ada,’’ ujarnya.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply