738 Pengendara Terjaring Operasi Zebra Gatarin 2016

Kasat Lantas Polres Lotim, AKP Ruben Palayakan. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

Kasat Lantas Polres Lotim, AKP Ruben Palayakan. (Foto: Dimyati/Lomboktoday.co.id)

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lombok Timur berhasil menjaring sebanyak 738 pelanggar dalam kegiatan Operasi Zebra Gatarin 2016 yang digelar dari tanggal 16-29 November 2016. Pelanggaran didominasi kendaraan roda dua.

‘’Para pelanggar yang terjaring operasi, mereka langsung di tilang,’’ kata Kasat Lantas Polres Lotim, AKP Ruben Palayakan kepada wartawan di kantornya, Selasa (29/11).

Terhadap jumlah pelanggar yang terjaring tersebut, menurut Ruben, ada terjadi penurunan angka yang cukup signifikan dari tahun sebelumnya. ‘’Tahun 2015 lalu, selama Operasi Zebra digelar, jumlah pelanggar yang terjaring mencapai 2.125 pelangggar,’’ ungkapnya.

Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas mengalami peningkatan. Tapi, selama operasi digelar, justeru yang mengalami peningkatan yaitu kasus kecelakaan, yaitu sebanyak 10 kasus. Tiga diantaranya meninggal dunia (MD), satu luka berat (LB) dan 15 luka ringan (LK). ‘’Tahun sebelumnya, jumlah kasus laka lantas sebanyak tujuh kasus, yang MD nihil, luka ringan tujuh,’’ ujarnya.

Menurut Ruben, tujuan digelar Operasi Zebra Gatarin ini, tak lain untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas. ‘’Kita akan terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam berlalu lintas,’’ pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply