Besar Peluang Ponpes Berwirausaha

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di Kabupaten Lombok Timur memiliki peluang besar untuk berwirausaha, seperti mendirikan koperasi maupun usaha lainnya yang memberikan manfaat bagi Ponpes itu sendiri. Sehingga, kewirausahaan ini sangat penting untuk dilakukan dengan memberdayakan sumber daya manusia (SDM).

PELATIHAN: Kegiatan pelatihan kewirausahan home industry di lingkungan Ponpes Islam Darusy Syifa’, yang digelar di aula kantor Desa Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

PELATIHAN: Kegiatan pelatihan kewirausahan home industry di lingkungan Ponpes Islam Darusy Syifa’, yang digelar di aula kantor Desa Tirtanadi, Kecamatan Labuhan Haji. (Foto: Syamsurrijal/Lomboktoday.co.id)

Demikian ditegaskan Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1615 Lotim, Mayor Czi Edi Gustaman saat membuka kegiatan pelatihan kewirausahaan bagi pengajar dan masyarakat di lingkungan Ponpes Islam Darusy Syifa’, yang diselenggarakan oleh Lembaga Study Pengkajian dan Pengembangan Masyarakat (LSP2M) NTB, di aula kantor Desa Tirtanadi, Selasa (29/11).

‘’Kalau melihat potensi yang dimiliki Ponpes di Lotim, tentunya sangat memiliki peluang besar untuk berwirausaha di lingkungan Ponpes. Potensi yang ada di Ponpes harus terus dikembangkan demi kemajuan kedepannya,’’ katanya.

Sementara Sekcam Labuhan Haji, Mustamin mengatakan, dengan adanya pelatihan kewirausahaan ini, tentu sangat baik untuk menumbuhkan kesadaran dalam menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat yang berada di lingkungan Ponpes.

Karena tidak bisa dipungkiri, di Ponpes memiliki SDM yang ada untuk membangun dan mendirikan usaha. Hanya saja harus terlebih dahulu diberikan keterampilan dan latihan dengan bekerjasama dinas/instansi terkait yang memiliki bidang tersebut.

‘’Kami harapkan setelah selesai pelatihan ini hendaknya kedepannya ada tindaklanjutnya agar ilmu atau pengetahuan yang diperoleh bisa di praktekkan,’’ kata Mustamin.

Adapun nara sumber dalam kegiatan pelatihan itu, diantaranya berasal dari Kodim 1615 Lotim, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Lotim dan Perusahaan Daerah (PD) Selaparang Agro.(SR)

Kirim Komentar

Leave a Reply