Pemerintah Kurang Maksimalkan Potensi

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pemerintah Kabupaten Lombok Timur belum memaksimalkan potensi yang dimiliki dalam memenuhi pencapaian target PAD maupuan serapan APBD. Karena sampai saat ini, serapannya belum mencapai 100 persen.

‘’PAD Lotim mestinya lebih besar dari yang ditargetkan sekarang. Hanya saja belum melakukan pengelolaan terhadap potensi yang dimiliki,’’ kata M Safwan, Pengamat Ekonomi Institut Agama Islam Hamzanwadi (IAIH) Pancor kepada wartawan di Selong, Lotim, Senin (05/12).

Menurutnya, diantara sektor yang dinilai memiliki potensi besar meningkatkan PAD adalah sektor pariwisata. ‘’Sektor pariwisata saat ini belum terkelola dengan baik. Kedepan ini harusnya bisa menjadi sumber potensi yang besar bagi daerah,’’ ungkapnya.

Karena, jika hanya mengandalkan pajak daerah saja sebagai potensi PAD, Safwan menilai itu belum bisa meningkatkan jumlah PAD secara signifikan. Sebaliknya, sektor pariwisata dikataknnya sebagai fenomena bola salju. Dimana, jika sektor pariwisata maju, maka sektor lain juga akan ikut tumbuh.

‘’Tinggal bagaimana pemerintah mengemasnya. Kalaupun memang pak bupati kurang setuju dengan istilah wisata halal, harus ada konsep lain yang membuat Lotim ini memiliki ciri khas tersendiri,’’ ujarnya.

Sangat disayangkan potensi yang ada hingga saat ini masih belum dimanfaatkan optimal. ‘’Tak hanya sektor pariwisata saja, potensi pertanian pun harus dimaksimalkan. Jangan sampai hasil pertanian ini hanya diangkut dan dijual,’’ pungkasnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply