Realisasi PAD Lotim Baru 80 Persen

LOTIM, Lomboktoday.co.id – Pencapaian target realisasi Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lombok Timur serta serapan APBD, ternyata belum mencapai 100 persen. Buktinya, hingga akhir November 2016 ini, untuk realisasi PAD baru mencapai 80 persen, sedangkan serapan APBD baru mencapai 70 persen. Masih rendahnya realisasi serapan PAD tersebut, mendapat sorotan dari kalangan DPRD Lotim.

‘’Sisa target yang belum tercapai ini tinggal sebulan, dan diharapkan hal ini mampu terpenuhi,’’ kata Ketua DPRD Lotim, H Khairul Rijal kepada wartawan di kantornya, Senin (05/12).

Menurutnya, belum tercapainya target realisasi tersebut, sesuai hasil telusurannya karena ada masalah di tembakau Virginia. ‘’Ini yang nanti akan kita diskusikan lebih mendalam,’’ ungkapnya.

Begitu juga dengan serapan APBD yang masih menyisakan 30 persen. Angka ini sangat besar mengingat anggaran belanja daerah mencapai Rp2,4 triliun. Dan diharapkan pihak eksekutif dengan sisa waktu sebulan ini dapat merealisasikan seluruhnya.

Masih rendahnya serapan APBD ini, disebabkan karena masih banyaknya jumlah tender proyek atau proses lelang yang belum berjalan maksimal. Seperti belum dilakukannya pengerukan kolam labuh di pelabuhan Labuhan Haji, dan beberapa kegiatan lainnya. ‘’Keterlambatan ini jelas berimbas semua terhadap serapan anggaran,’’ ungkapnya.(DIM)

Kirim Komentar

Leave a Reply