NTB Tuan Rumah Konferensi Islam Internasional

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Nusa Tenggara Barat (NTB), hari ini—Kamis (08/12), menjadi tuan rumah perhelatan Konferensi Islam Internasional. Konferensi yang bertajuk, ‘’The Qur’an, Higher Education, and Islamic Civilization’’ ini, dihadiri oleh beberapa tokoh nasional dan internasional. Diantaranya; Prof Dr H Said Agil Husin Almunawar, Syaikh Ali Saleh Muhammad Ali Jaber, M Zaidi Abdad dan Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi.

NARA SUMBER: Para nara sumber Konferensi Islam Internasional yang berlangsung di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis (08/12).

NARA SUMBER: Para nara sumber Konferensi Islam Internasional yang berlangsung di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis (08/12).

Acara yang berlangsung di Hotel Lombok Raya Mataram ini, juga dihadiri banyak cendekiawan muslim, kalangan akademisi dan lainnya. Acara tersebut diawali dengan penyampaian oleh Said Agil Husin Almunawar sebagai pembicara pertama.

Ia menyampaikan harapannya agar Alqur’an dapat menjadi sumber nilai universal. Karena Alqur’an memiliki nilai yang tidak pernah rapuh dan berlaku sepanjang masa.

Selain itu, ia juga mengungkapkan bahwa sebagai firman Allah SWT, Alqur’an bersifat mutlak, dan kuat serta memiliki nilai kebenaran yang dapat diuji secara metafisis maupun saintis.

Tokoh Islam Internasional, Syaikh Ali Jaber panggilan akrabnya juga mengamini apa yang disampaikan oleh pembicara sebelumnya. Acara yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Mataram yang berlangsung selama beberapa jam tersebut ditutup oleh penyampaian harapan pada IAIN yang disampaikan Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

Senada dengan dua pembicara sebelumnya, gubernur menekankan agar IAIN berani menjadikan Icon Jami’atul Qur’an (Universitas Alqur’an) di IAIN Mataram. ‘’Yang saya harapkan IAIN sebagai suatu institusi bisa menjadi penggerak untuk mengokohkan Al-qur’an, perannya dan peradaban Islam sebagai hadaratunnas,’’ tegasnya.

Menutup penyampaiannya, gubernur NTB mengatakan, ia yakin IAIN Mataram lebih membanggakan di masa mendatang. Ia berdoa dan optimis IAIN Mataram akan melahirkan, pemikir-pemikir Qur’ani dan sarjana-sarjana Qur’ani yang akan menjadi sebaik-baik pondasi bagi pembangunan NTB kedepannya.(ar/wan/bul/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply