Pataka Lambang NTB di Kirab dari Bima

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi.

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Untuk memperingati Hari Ulang Tahun (NUT) Nusa Tenggara Barat (NTB) ke-58, Kamis (08/12), telah berlangsung upacara penyerahan Pataka Lambang Daerah NTB dan Bendera Merah Putih yang dilaksanakan di Lapangan Kantor Gubernur NTB yang dihadiri oleh seluruh unsur SKPD dan Satpol PP se-NTB, dan karyawan/karyawati serta mahasiswa.

Penyerahan Pataka Lambang NTB dilakukan oleh Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin kepada Bupati Bima yang diwakili oleh Wakil Bupati Bima, H Muhammad Dahlan M Nor.

Acara penyerahan Pataka NTB dilanjutkan dengan penanda tanganan berita acara serah terima Pataka Lambang Daerah NTB yang akan dilanjutkan dengan kirab bendera Pataka NTB dan bendera merah putih.

Pembacaan Ikrar Kirab Pataka Lambang NTB dilakukan oleh mahasiswa Universitas Mataram (Unram). Ikrar Kirab Pataka Lambang NTB yaitu mewujudkan masyarakat NTB yang beriman, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera, menghormati keberagaman, meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat dan menjaga persatuan dalam menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kirab Pataka akan dimulai dari Kabupaten Bima sebagai kabupaten paling Timur NTB. Kemudian Pataka akan dibawa melalui atau melewati kabupaten/kota se-NTB, yaitu akan melewati Kota Bima, Kabupaten Dompu, Sumbawa, Sumbawa Barat, Kabupaten Lombok Timur, Lombok Tengah, Lombok Barat kemudian menuju ke Lombok Utara dan akan finish di Kota Mataram pada 16 Desember 2016 mendatang.

Pada tanggal 16 Desember 2016, Pemerintah Kota Mataram akan menyerahkan Pataka kepada Pemerintah Provinsi NTB setelah dikirab dari kabupaten paling Timur NTB ke Kota Mataram sebagai daerah paling Barat wilayah NTB. Untuk dikibarkan pada acara puncak HUT NTB ke-58 pada Sabtu (17/12) mendatang.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Yusron Hadi mengatakan, diusia yang ke-58 ini, NTB termasuk memiliki usia yang cukup dewasa dan kedewasaan itu telah ditunjukkan dengan berbagai macam prestasi yang diraih NTB, baik di tingkat nasional maupun internasional dan dampaknya sudah dirasakan langsung oleh masyarakat.(bul/ar/wan/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply