Wagub NTB Buka Rakorwasda Inspektorat

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin secara resmi membuka Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi NTB.

RAKORWASDA: Wagub NTB, H Muh Amin saat membuka Rakorwasda yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi NTB.

RAKORWASDA: Wagub NTB, H Muh Amin saat membuka Rakorwasda yang diselenggarakan oleh Inspektorat Provinsi NTB.

Rakorwasda diikuti oleh 60 orang peserta dari Inspektorat Provinsi NTB dan 30 orang peserta dari Inspektorat tiap kabupaten/kota se-NTB dan beberapa SKPD lingkup Pemprov NTB, di Hotel Lombok Raya Mataram, Kamis (08/12).

Maksud dan tujuan diselenggarakannya Rakorwasda ini ialah untuk menyepakati tugas-tugas pengawasan di tingkat provinsi NTB maupun tingkat kabupaten/kota di seluruh wilayah Provinsi NTB, agar seragam dalam penjadwalan waktu pemeriksa kemudian mewujudkan akuntabilitas dan tata kelola keuangan pemerintah daerah yang efektif.

Dalam sambutan pembukaan Rakorwasda, Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin memberikan apresiasi walaupun rapat ini rutin dilaksanakan setiap tahun, tapi persoalan pengawasan ini senantiasa menjadi kebutuhan yang dilaksanakan sesuai dengan tugas pokok masing-masing.

‘’Pengawasan sangat diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan pemerintah yang efektif dan efisien, transparan, serta bersih dari praktik-praktik korupsi,’’ kata Wagub memberikan penekanan.

Selanjutnya, Wagub juga menyampaikan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan harus memiliki target. ‘’Lakukan sinergitas untuk pencegahan karena bukan penindakan yang diutamakan melainkan pencegahannya yang harus kita pikirkan bersama,’’ pungkasnya.

Inspektur Jenderal Kementrian Dalam Negeri yang dalam sambutannya diwakili oleh Inspektur Inspektorat Provinsi NTB berpesan, esensi Rakorwasda bukanlah semata untuk bertemu tatap muka, namun lebih dari itu dalam rapat koordinasi ini harus ada integrasi dan pemaduan seluruh sumber daya pengawasan yang ada  dalam pencapaian tujuan penyelenggaraan pemerintah daerah.(ar/wan/bul/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply