Apel HUT NTB ke-58 Berlangsung Khidmat

MATARAM, Lomboktoday.co.id – Apel upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi NTB ke-58 di Lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Sabtu (17/12), berlangsung khidmat. Peserta upacara terdiri dari pegawai negeri sipil (PNS) lingkup Provinsi NTB, perwakilan TNI dan Polri serta perwakilan pemuda dan pelajar di Kota Mataram.

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi disela-sela acara upacara peringatan HUT Privinsi NTB ke-58 di lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Sabtu (17/12).

Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi disela-sela acara upacara peringatan HUT Privinsi NTB ke-58 di lapangan Bumi Gora Kantor Gubernur NTB, Sabtu (17/12).

Pada peringatan HUT ke-58 tahun ini, mengusung tema ‘’NTB Gemilang, Ikhtiar Tiada Henti’’. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi, dan dihadiri Wakil Gubernur NTB, H Muh Amin, Ketua DPRD Provinsi NTB, Hj Baiq Isvie Rupaeda, Anggota Forum Koordinasi Pemerintah Daerah (FKPD) dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Provinsi NTB, serta tamu kehormatan antara lain; mantan Gubernur NTB ke-5 periode 1998-2003, H Harun Al Rasyid, mantan Gubernur NTB ke-6 periode 2003-2008 HL Serinata, dan mantan Wakil Gubernur NTB Periode 2008-2013 HL Azhar.

Mengawali upacara, peserta upacara dan tamu undangan dihibur oleh Marching Band dari SMPN 15 Mataram dan atraksi polisi cilik yang berada di bawah asuhan Kapolres Lombok Tengah dan di bawah naungan Kapolda NTB.

Dalam amanahnya, Gubernur NTB, Dr TGH M Zainul Majdi menyampaikan, peran NTB semakin kokoh dalam pembangunan nasional. ‘’Hasil kerja keras ini tidak luput dari perjuangan para pemimpin terdahulu yang telah memberikan pondasi yang kuat,’’ katanya.

Gubernur menyampaikan beberapa pencapaian yang telah diraih oleh Provinsi NTB, antara lain; mampu mensuplai kebutuhan beras nasional sebesar 700 ribu ton setiap tahun, dalam sektor pariwisata kunjungan wisatawan semakin meningkat setiap tahunnya, pada tahun 2015 lalu kunjungan wisatawan ke Provinsi NTB berjumlah 2,2 juta orang, dan mempertahankan gelar sebagai World’s Best Halal Tourism Destination dan World’s Best Halal Honeymoon Destination pada ajang penghargaan yang sama.

‘’Pengembangan pariwisata kita Insya Allah berada pada jalur yang tepat, yaitu selain mengembangkan pariwisata konvensional yang sudah ada, tapi juga menciptakan satu segmen baru yaitu Wisata Halal,’’ ungkapnya.

Ia mengatakan, seluruh capaian pembangunan Insya Allah berdampak signifikan bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat NTB. Pertumbuhan ekonomi NTB pada tahun 2015 sebesar 9,9% dan merupakan pertumbuhan ekonomi tertinggi secara nasional. Pada triwulan ke-2 tahun 2016, pertumbuhan ekonomi NTB sebesar 9,92% yang berada pada posisi ke-2 dari seluruh provinsi di Indonesia. Begitupula dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) NTB berkat upaya berkelanjutan sejak pemimpin pertama sampai masa permerintahan gubernur ke-7 setiap tahun semakin meningkat.

‘’Alhamdulillah, sejak tahun 2014 Provinsi NTB selama dua tahun berturut-turut ditetapkan sebagai Top Mover dalam akselerasi peningkatan IPM,’’ ujarnya.

Selain itu, sejak tahun 2011 sampai tahun 2015 Provinsi NTB berada pada peringkat pertama dalam pencapaian target MDG’s dan memperoleh predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) lima kali berturut-turut sejak tahun 2011.

Pada kesempatan ini juga, gubernur ingin masing-masing pihak melakukan introspeksi diri, untuk melihat sejauhmana pertumbuhan ekonomi dapat dirasakan merata oleh seluruh lapisan masyarakat. Sejauh mana pertumbuhan pariwisata mampu menyerap ekonomi kreatif yang berkembang di masyarakat, serta memastikan setiap proses pembangunan tidak hanya menghasilkan kemanfaatan ekonomi, tapi juga memperhatikan daya dukung lingkungan.

Gubernur berpesan untuk selalu menjaga momentum pembangunan dan kondisi daerah NTB yang aman dan kondusif. ‘’Mari kita rawat persaudaraan diantara seluruh komponen masyarakat, baik agama, suku, profesi dan keberagaman yang lain. Kita sudah sepakat, seluruh keberagaman itu adalah kekuatan dan modal dalam membangun NTB,’’ jelasnya.

Kepada seluruh rekan-rekan perangkat pemerintahan daerah, gubernur juga berpesan untuk saling bahu membahu, tingkatkan etos kerja dan profesionalitas, tingkatkan tranparansi dan akuntabilitas. ‘’Mari menjadi pemimpin yang dapat diteladani oleh seluruh masyarakat. Kepada pelajar, pemuda, dan mahasiswa untuk selalu bersungguh-sunggguh menuntut ilmu, persiapkan diri untuk menjadi penerus masa depan NTB dan bangsa, jauhi pergaulan bebas, narkoba dan perlaku destruktif lainnya,’’ pungkasnya.

Peserta upacara dan tamu undangan juga disuguhkan atraksi terjun payung oleh Detasemen Matra II Pasukan Khas (Paskas) Malang, Batalyon Komando 464 Paskas Lanud Abdurahman Saleh Malang yang menerbangkan 12 penerjun payung. 10 penerjun membawa bendera lambang Kabupaten/Kota di Provinsi NTB, 1 penerjun membawa lambang Provinsi NTB, dan 1 penerjun membawa bendera RI.

Beberapa Kegiatan yang dilakukan serangkaian dengan upacara HUT NTB ke-58, antara lain; pertama; Penandatanganan Prasasti Peresmian Proyek, diantaranya; Kantor Sekertariat DPRD Provinsi NTB, Kantor dan Laboraturium UPTB-BPSMP Badan Ketahanan Pangan Provinsi NTB, Drive Thru Paok Montong, Drive Thru Gunung Sari, Dinas Pendapatan Daerah Provinsi. Kedua, Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov NTB dan Badan Informasi Geo-spasial. Ketiga, Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov NTB dengan Badan Pusat Statistik. Keempat, Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov NTB dengan PT Sang Hyang Sri (Persero). Kelima, Penyerahan sertifikasi ISO 9001-2015 terhadap standarisasi mutu perijinan kepada Gubernur NTB oleh Direktur Utama PT Bintang Solusi Utama, Irmawati Batavia sebagai Konsultan ISO. Keenam, Penyerahan bantuan alat berat dan alat lainnya dari Pemerintah Australia.(ar/wan/bul/ltd)

Kirim Komentar

Leave a Reply